kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?


Kamis, 07 Desember 2023 / 14:00 WIB
8 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Buah durian.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Durian - Ada berbagai manfaat durian bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Namun, takaran megnkonsumsi buah durian juga perlu diperhatikan.

Durian, dikenal sebagai "raja buah" di beberapa wilayah, adalah buah tropis yang memiliki rasa unik dan aroma kuat. 

Meskipun beberapa orang mungkin tidak menyukai baunya yang kuat, durian sebenarnya kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

Merangkum dari PharmEasy, ini manfaat buah durian bagi kesehatan:

1. Kaya Nutrisi

Durian mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, dan serat. Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin B6, tiamin, riboflavin, niacin, asam folat, magnesium, potassium, fosfor, dan zat besi. Konsumsi durian dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam durian berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam durian juga berkontribusi pada kesehatan kulit. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, yang penting untuk elastisitas dan kekenyalan kulit. Antioksidan membantu melawan penuaan dini dan menjaga kulit tetap sehat.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Durian mengandung asam lemak baik, seperti asam oleat dan asam linoleat. Asam lemak ini berkontribusi pada penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kadar kolesterol baik (HDL), yang dapat mendukung kesehatan jantung.

5. Mengandung Antioksidan Kuat

Buah durian mengandung antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan peradangan, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?

6. Menyediakan Energi

Durian adalah sumber energi yang baik karena mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini memberikan energi yang bertahan lama, membuat durian menjadi pilihan buah yang baik untuk konsumsi sebelum atau setelah aktivitas fisik.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan vitamin B6 dalam durian dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf. Vitamin B6 berperan dalam produksi neurotransmitter dan melibatkan proses kognitif seperti pemahaman dan pemecahan masalah.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kesehatan yang Luar Biasa, Catat Ya!

8. Menyediakan Serat

Durian kaya serat, yang berperan dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, mendukung pencernaan yang sehat, dan dapat membantu mengatur gula darah.

Namun, meskipun durian memiliki banyak manfaat kesehatan, konsumsilah dengan bijak. Durian juga tinggi kalori dan lemak, jadi dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah moderat sebagai bagian dari pola makan seimbang. Jika Anda memiliki alergi makanan tertentu atau kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan durian ke dalam diet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×