kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?


Rabu, 06 Desember 2023 / 14:23 WIB
Kenali 8 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?
ILUSTRASI. Manfaat Buah Duku


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Duku - Banyak manfaat buah duku bagi kesehatan tubuh yang menarik diketahui. Selain itu, manfaat buah duku juga telah terbukti khasiatnya oleh berbagai uji klinis.

Buah duku, atau yang juga dikenal dengan nama lain, langsat atau lanzones, adalah buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara. 

Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar, dan ternyata tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Paprika Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari Health Benefits Times, ini manfaat buah duku bagi kesehatan:

1. Sumber Antioksidan Tinggi

Duku mengandung senyawa antioksidan, seperti polifenol dan vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidatif stres, yang dapat berkontribusi pada penuaan dan penyakit kronis.

Baca Juga: 7 Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah duku dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal sebagai nutrisi yang mendukung produksi sel darah putih dan memperkuat pertahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

3. Menyokong Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam buah duku juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mereka membantu melawan kerusakan akibat paparan sinar UV dan merangsang produksi kolagen, yang dapat menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

4. Mengandung Serat Tinggi

Buah duku mengandung serat yang tinggi, yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan pergerakan usus, dan mendukung penyerapan nutrisi yang lebih baik.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, antioksidan, dan potassium dalam duku dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Serat membantu mengontrol kadar kolesterol, sedangkan potassium berperan dalam menjaga tekanan darah normal.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?

6. Mengandung Vitamin B Kompleks

Buah duku juga mengandung vitamin B kompleks seperti niacin, riboflavin, dan folat. Vitamin B kompleks berperan penting dalam metabolisme energi dan mendukung fungsi sistem saraf.

7. Pembentukan Sel Darah Merah

Kandungan zat besi dalam buah duku mendukung pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Hal ini penting untuk mencegah anemia dan menjaga keseimbangan oksigen dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Menyediakan Energi

Buah duku mengandung karbohidrat kompleks, yang memberikan energi tahan lama. Ini menjadikannya pilihan camilan sehat yang dapat membantu menjaga stamina dan produktivitas sepanjang hari.

Meskipun buah duku memiliki berbagai manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Selalu konsultasikan dengan ahli gizi atau profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau pertanyaan mengenai asupan makanan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×