kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kesehatan yang Luar Biasa, Catat Ya!


Rabu, 06 Desember 2023 / 13:22 WIB
6 Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kesehatan yang Luar Biasa, Catat Ya!
ILUSTRASI. Minyak kemiri


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Minyak Kemiri - Manfaat minyak kemiri bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting dan menarik diketahui. Selain itu, manfat minyak kemiri juga tidak perlu diragukan lagi khasiatnya.

Minyak kemiri, yang diekstrak dari biji tumbuhan kemiri (Aleurites moluccanus), telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut. 

Namun, selain manfaat kecantikan, minyak kemiri juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Paprika Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari Stylecraze, berikut manfaat minyak kemiri bagi kesehatan:

1. Merawat Kulit dan Mengatasi Masalah Kulit

Minyak kemiri mengandung asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Kandungan asam lemak tersebut dapat membantu mengatasi masalah kulit kering, mengelupas, dan bahkan eksim. Selain itu, minyak kemiri juga dapat membantu menyamarkan bekas luka dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Makan?

2. Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

Minyak kemiri mengandung antioksidan seperti tokoferol dan fenolik yang dapat membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada proses penuaan serta perkembangan berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi atau mengoleskan minyak kemiri, Anda dapat memberikan perlindungan tambahan bagi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas.

3. Mengatasi Masalah Rambut

Minyak kemiri juga dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Kandungan asam lemak esensial dan vitamin E dalam minyak kemiri dapat membantu menguatkan akar rambut, mencegah kerontokan, dan memberikan kelembutan pada rambut. Penggunaan minyak kemiri sebagai masker rambut secara teratur dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengurangi masalah seperti rambut kering dan bercabang.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

4. Antiinflamasi untuk Kesehatan Sendi

Kandungan antiinflamasi dalam minyak kemiri dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi. Ini dapat memberikan manfaat bagi penderita arthritis atau masalah sendi lainnya dengan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada area yang terkena.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Minyak kemiri mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga mendukung kesehatan jantung. Kolesterol yang rendah dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?

6. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi dalam minyak kemiri, termasuk vitamin dan mineral, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh dapat lebih efektif melawan infeksi dan penyakit.

Meskipun minyak kemiri memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, selalu penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi atau menggunakan minyak kemiri secara eksternal, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×