kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan


Jumat, 03 November 2023 / 12:14 WIB
7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh yang menakjubkan dan menarik diketahui. Selain itu, penggunaan minyak kemiri juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat minyak kemiri tersebut.

Minyak kemiri, yang juga dikenal sebagai minyak candlenut, adalah minyak yang diekstrak dari biji kemiri. Biji kemiri ini mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Minyak kemiri telah lama digunakan dalam berbagai budaya sebagai obat tradisional dan bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut.

Baca Juga: 8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Khasiatnya, Catat Ya!

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh:

1. Melembapkan Kulit

Minyak kemiri kaya akan asam lemak esensial dan vitamin E, yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk melembapkan kulit. Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi gejala kulit pecah-pecah. Hal ini juga dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan peradangan.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

2. Meredakan Masalah Kulit

Minyak kemiri memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, eksim, psoriasis, dan gatal-gatal. Penggunaan minyak kemiri secara topikal dapat membantu mengurangi peradangan, menghilangkan kemerahan, dan mempercepat penyembuhan kulit.

3. Merawat Rambut

Minyak kemiri juga bermanfaat untuk perawatan rambut. Kandungan asam lemak omega-3 dalam minyak kemiri dapat membantu merawat rambut dan kulit kepala. Minyak ini dapat mengurangi ketombe, menguatkan akar rambut, dan memberikan kilau alami pada rambut.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan yang Luar Biasa

4. Mengandung Antioksidan

Minyak kemiri mengandung antioksidan seperti vitamin E dan squalene yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan demikian, minyak kemiri dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

5. Memiliki Sifat Antibakteri

Minyak kemiri juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya pada kulit dan dalam tubuh. Penggunaan minyak kemiri secara topikal dapat membantu mencegah infeksi kulit, sementara konsumsi minyak kemiri dalam diet dapat membantu melawan infeksi dalam tubuh.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

6. Meredakan Nyeri Sendi

Minyak kemiri juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri sendi dan otot. Penggunaan minyak ini dalam pijatan atau kompres panas dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi dan otot, sehingga meredakan nyeri.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak kemiri mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi minyak kemiri dalam jumlah moderat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, yang pada gilirannya dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Meskipun minyak kemiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, penting untuk menggunakannya dengan bijak. Selalu periksa apakah Anda memiliki alergi terhadap kemiri sebelum menggunakannya secara eksternal atau mengonsumsinya. Selain itu, konsultasikan dengan profesional medis sebelum menggunakan minyak kemiri sebagai pengobatan alternatif atau suplemen. Dengan perhatian dan penggunaan yang tepat, minyak kemiri dapat menjadi tambahan yang berharga dalam perawatan kulit, rambut, dan kesehatan secara keseluruhan.

Selanjutnya: 5 Tips Menggoreng Ala Koki Profesional Agar Gizi Tak Hilang dan Makanan Tak Gosong

Menarik Dibaca: 5 Tips Menggoreng Ala Koki Profesional Agar Gizi Tak Hilang dan Makanan Tak Gosong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×