kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar 10 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya


Kamis, 02 November 2023 / 10:15 WIB
Daftar 10 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya
ILUSTRASI. Manfaat labu kuning untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat labu kuning untuk kesehatan tubuh yang teruji secara klinis khasiatnya. Sehingga, manfaat labu kuning termasuk salah satu hal yang menarik untuk diketahui.

Labu kuning, seringkali dianggap sebagai simbol musim gugur dan Halloween, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Labu kuning  yang segar ini tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Melansir dari WebMD, berikut beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Nutrisi Penting

Labu kuning mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral esensial. Ini termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, riboflavin, folat, niacin, kalium, tembaga, mangan, dan besi. Vitamin A dalam labu kuning, dalam bentuk beta-karoten, sangat baik untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Simak 10 Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit Secara Alami, Sudah Coba?

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Sebagian besar vitamin A dalam labu kuning berasal dari beta-karoten, yang penting untuk kesehatan mata. Mengonsumsi labu kuning secara teratur dapat membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan menjaga penglihatan yang baik.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Labu kuning mengandung potasium, serat, dan antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Potasium dapat membantu mengatur tekanan darah, sedangkan serat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Menurunkan Berat Badan

Labu kuning rendah kalori dan tinggi serat, sehingga sangat cocok sebagai makanan dalam program penurunan berat badan. Serat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit.

5. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam labu kuning adalah antioksidan yang kuat, yang membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas. Ini juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yang mendukung kesehatan kulit dan jaringan ikat.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan E dalam labu kuning juga membantu memperbaiki dan memelihara kesehatan kulit. Mereka membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan menjaga kulit tetap segar dan bercahaya.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Labu kuning mengandung vitamin K, yang berperan penting dalam metabolisme kalsium dan pembentukan tulang yang sehat. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

8. Mengurangi Risiko Kanker

Antioksidan dalam labu kuning, termasuk beta-karoten dan karotenoid lainnya, telah terbukti dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker paru-paru, kanker perut, dan kanker mulut.

9. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam labu kuning membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Makanan tinggi serat seperti labu kuning juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Catat Ya!

10. Menyediakan Energi Alami

Labu kuning mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang tahan lama. Ini dapat membantu Anda menjaga tingkat energi yang stabil sepanjang hari.

Labu kuning dapat dimasukkan ke dalam berbagai resep, seperti sup, pai, atau bahkan sebagai camilan panggang. Dengan manfaat kesehatan yang begitu banyak, tidak ada alasan untuk tidak memasukkan labu kuning dalam pola makan Anda. Namun, ingatlah bahwa semua makanan sebaiknya dikonsumsi dengan seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang.

Selanjutnya: Kapan Dr Stone Season 3 Episode 15 Tayang? Sinopsis & Jadwal Subtitle Indonesia

Menarik Dibaca: Ramalan Cuaca BMKG 2-7 November di Jabodetabek, Hujan Turun di Wilayah Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×