kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 8 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga


Rabu, 06 Desember 2023 / 14:37 WIB
Catat 8 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Belimbing


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Belimbing - Terdapat berbagai manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Padahal, manfaat buah belimbing tak perlu diragukan lagi khasiatnya.

Buah belimbing, atau yang dikenal juga dengan nama "starfruit" karena bentuknya yang mirip bintang, adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Buah belimbing ini dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, terutama di daerah tropis.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Paprika Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari Medical News Today, ini manfaat buah belimbing:

1. Kandungan Nutrisi Tinggi

Buah belimbing mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin B, serat, dan mineral seperti kalium, fosfor, dan magnesium. Kandungan nutrisi ini berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh dan mendukung fungsi organ-organ vital.

2. Antioksidan untuk Perlindungan Sel

Buah belimbing mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penuaan dini serta perkembangan penyakit degeneratif.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah belimbing membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan penting dalam produksi dan aktivasi sel-sel kekebalan, sehingga tubuh lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Belimbing mengandung serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Selain itu, kalium dalam buah ini membantu menjaga tekanan darah normal, mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?

5. Mengatur Gula Darah

Serat dalam buah belimbing dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini bermanfaat terutama bagi mereka yang memiliki diabetes atau berisiko mengembangkan penyakit tersebut.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dalam belimbing memiliki peran dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini membantu regenerasi sel kulit, menjaga kelembapan kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

7. Mendukung Fungsi Pencernaan

Serat dalam buah belimbing mendukung fungsi pencernaan dengan mendorong gerakan usus yang sehat. Ini membantu mencegah masalah pencernaan, seperti sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara umum.

8. Menyegarkan Tubuh dan Mencegah Dehidrasi

Kandungan air yang tinggi dalam buah belimbing membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan sel dan organ tubuh.

Meskipun buah belimbing memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang menjalani pengobatan tertentu, konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum menambahkan buah belimbing atau jenis makanan baru ke dalam diet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×