kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui


Minggu, 03 Desember 2023 / 19:05 WIB
7 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Rumput laut


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh yang perlu diperhatikan dan sayang jika dilewatkan. Pasalnya, manfaat rumput laut bagi kesehatan telah teruji secara klinis.

Rumput laut, yang sering kali dianggap sebagai bagian dari hidangan kuliner Asia, ternyata tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Sebagai sumber nutrisi alami, rumput laut menyajikan sejumlah elemen penting yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh

Melansir dari Healthline, ini manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Nutrien Penting

Rumput laut mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan serat. Beberapa vitamin yang dapat ditemukan di dalamnya meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Mineral seperti yodium, besi, zinc, dan kalsium juga hadir dalam jumlah yang signifikan, memberikan kontribusi pada kesehatan tulang, sistem kekebalan, dan keseimbangan hormon.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Sumber Protein yang Berkualitas

Bagi mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian atau vegan, rumput laut dapat menjadi sumber protein yang sangat baik. Jenis protein yang terdapat dalam rumput laut memiliki profil asam amino yang lengkap, mirip dengan protein hewani, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh tanpa harus mengonsumsi daging.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Rumput laut mengandung asam lemak omega-3, yang dikenal baik untuk kesehatan jantung. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Baca Juga: 7 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

4. Menyokong Fungsi Tiroid

Yodium adalah mineral penting yang diperlukan oleh kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroid. Rumput laut, terutama jenis hijau seperti nori dan wakame, kaya akan yodium, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tiroid dan mencegah masalah yang terkait dengan kekurangan yodium.

5. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Serat yang terkandung dalam rumput laut dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mengatur kadar gula darah, dan memberikan perasaan kenyang lebih lama, yang dapat mendukung upaya penurunan berat badan.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Antioksidan dan Efek Anti-inflamasi

Rumput laut mengandung sejumlah senyawa antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, beberapa jenis rumput laut memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Minum?

7. Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa jenis rumput laut mengandung beta-karoten dan vitamin A, yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi rutin dapat membantu mengurangi risiko gangguan mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

Rumput laut bukan hanya sekadar pelengkap dalam hidangan, tetapi juga merupakan sumber nutrisi alami yang luar biasa. Dengan kandungan nutrisi yang kaya, rumput laut dapat memberikan kontribusi positif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, mengintegrasikan rumput laut ke dalam pola makan sehari-hari dapat menjadi langkah yang cerdas untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Selanjutnya: Mengenang Mantan Komandan Jenderal Kopassus dan Pandemi Covid-19 Doni Monardo

Menarik Dibaca: Simak Ramalan Cuaca Besok di Yogyakarta, Dua Wilayah DIguyur Hujan Petir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×