kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,09   7,74   0.83%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsi Rumput Laut


Rabu, 08 November 2023 / 13:08 WIB
7 Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsi Rumput Laut
ILUSTRASI. Manfaat rumput laut untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Rumput Laut - Ada sejumlah manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian. Selain itu, cara mengkonsumsi rumput laut juga penting untuk diketahui.

Rumput laut, atau sering disebut sebagai seaweed, adalah jenis tumbuhan laut yang telah lama menjadi bagian penting dari berbagai masakan di seluruh dunia. 

Selain memberikan rasa gurih yang unik pada hidangan, rumput laut juga merupakan sumber nutrisi yang sangat baik dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Catat 6 Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Alami yang Ampuh untuk Dijadikan Alternatif

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Esensial

Rumput laut mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, serat, dan protein. Beberapa jenis rumput laut, seperti nori, dikenal sebagai salah satu sumber alami vitamin B12, yang umumnya tidak ditemukan dalam tumbuhan lain. Selain itu, rumput laut juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan berbagai mineral seperti yodium, kalsium, magnesium, dan besi.

Baca Juga: Jadi Simbol Palestina, Ini 8 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

2. Mendukung Fungsi Tiroid

Yodium adalah mineral esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur fungsi tiroid. Fungsi tiroid yang sehat penting untuk menjaga berat badan, tingkat energi, dan metabolisme tubuh. Rumput laut adalah salah satu sumber alami yodium yang sangat baik, sehingga konsumsinya dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti gondok dan masalah tiroid lainnya.

3. Menyediakan Antioksidan

Rumput laut mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan karotenoid, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Kota Bandung Rabu 8 November 2023, Simak Ya!

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Rumput laut dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kandungan serat larut dalam rumput laut membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Selain itu, asam lemak omega-3 yang terdapat dalam rumput laut juga berkontribusi pada kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung.

5. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam rumput laut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, senyawa alginat dalam rumput laut telah dikaitkan dengan efek antimikroba yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024: Ada Laga Persik vs Madura United

6. Mendukung Kesehatan Tulang

Rumput laut mengandung kalsium dan magnesium, dua mineral yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Kalsium diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang, sedangkan magnesium membantu dalam penyerapan kalsium dan menjaga kepadatan tulang.

7. Menyediakan Asam Amino dan Protein

Rumput laut mengandung sejumlah besar asam amino, yang merupakan blok bangunan protein. Protein esensial dalam makanan dapat membantu dalam pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan sel-sel tubuh. Oleh karena itu, rumput laut merupakan sumber protein nabati yang baik, terutama bagi individu yang menjalani diet vegetarian atau vegan.

Baca Juga: Prediksi Arsenal vs Sevilla dan Jadwal Liga Champions 2023-2024 Pekan 4

Cara Mengonsumsi Rumput Laut

Ada berbagai cara untuk mengonsumsi rumput laut. Beberapa orang lebih suka mengonsumsinya dalam bentuk kering, seperti kertas nori yang sering digunakan untuk membuat sushi. Rumput laut juga dapat ditambahkan ke sup, salad, atau hidangan sayuran untuk memberikan rasa gurih dan manfaat kesehatan tambahan. Selain itu, Anda dapat mencoba makanan laut yang mengandung rumput laut, seperti miso sup atau mi ramen.

Meskipun rumput laut memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak, karena kadar yodium yang tinggi dalam beberapa jenis rumput laut bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, disarankan untuk mengikuti panduan konsumsi yang direkomendasikan dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kekhawatiran khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×