kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,08   6,72   0.72%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan, Apa Saja?


Jumat, 21 Juli 2023 / 10:04 WIB
5 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian dan sayang jika dilewatkan. Pasalnya, manfaat rumput laut untuk kesehatan telah teruji secara klinis.

Selain itu, rumput laut juga mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam rumput laut di antaranya seperti karbohidrat, serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, vitamin A dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Simak 9 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi

Selain itu, rumput laut juga mempunyai rasa yang khas sehingga kerap diolah dan dimanfaatkan menjadi berbagau jenis penyedap rasa makanan. 

Lalu apa saja manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh? 

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Tiroid

Salah satu manfaat rumput laut yang cukup menarik perhatian adalah mampu menjaga kesehatan tiroid. Kelenjar tiroid sendiri bertanggung jawab untuk melepaskan hormon untuk membantu mengatur pertumbuhan, energi, reproduksi, dan perbaikan kita. Untuk itu rumput laut mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tiroid.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi rumput laut mampu mencegah berbagai gejala penyakit jantung. 

Studi tentang manfaat rumput laut yang diterbitkan oleh American Journal of Agricultural and Food Chemistry, menunjukkan bahwa rumput laut dapat digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Manfaat tersebut berkat serat larut yang tinggi serta nutrisi yang menyehatkan jantung seperti asam lemak omega-3 dalam rumput laut.

3. Mendukung Kesehatan Usus

Selain itu, rumput laut juga dikenal mempunyai banyak serat yang baik untuk kesehatan usus. Banyaknya kandungan serat dalam rumput laut tersebut yang bertindak sebagai prebiotik sekaligus mencegah sembelit dan berbagai masalah pencernaan.

Baca Juga: 5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh yang tidak kalah hebat yaitu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan rumput laut mengandung cukup banyak vitamin C dan kandungan nutrisi lainnya yang berperan meningkatkan imunitas.

Beberapa penelitian menunjukkan senyawa dalam rumput laut dapat mengurangi dan mempersingkat durasi pilek dan meminimalkan risiko infeksi sekunder karena imunitas tubuh yang kuat.

Baca Juga: Daftar 6 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Pasalnya, rumput laut mengandung senyawa seperti karotenoid yang mampu mengongrol kadar gula darah.

Studi menunjukkan bahwa memasukkan rumput laut sebagai bagian dari diet sehat dan dapat mendukung pengelolaan gula darah serta berpotensi mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Demikian, beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×