kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya


Kamis, 20 Juli 2023 / 09:03 WIB
5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya
ILUSTRASI. Manfaat bengkuang untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Beragam manfaat bengkuang untuk kesehatan tubuh terbilang menarik untuk diketahui. Pasalnya, manfaat bengkuang juga telah terbukti khasiatnya secara klinis. 

Selain memiliki banyak manfaat, bengkuang adalah salah satu jenis buah umbi-umbi yang cukup populer di Indonesia. Tak jarang juga bengkuag kerap menjadi diolah menjadi berbagai jenis makanan hingga bahan alami untuk berbagai produk kecantikan.

Selain mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, bengkuang juga salah satu makanan yang sangat mudah didapatkan di pasaran.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Kopi yang Menarik Untuk Diketahui, Simak!

Manfaat bengkuang berasal dari banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Bengkuang juga mengandung banyak mineral dan berbagai gizi lain yang diperlukan oleh tubuh. 

Melansir dari Healthline, terdapat beberapa manfaat bengkuang bagi kesehatan yang menarik untuk diketahui. 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bengkuang memiliki banyak nutrisi yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, bengkuang juga mengandung banyak serat makanan larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus, serta mencegah hati membuat lebih banyak kolesterol.

Baca Juga: 5 Obat Bisul Alami yang Ampuh dan Patut Untuk Dicoba, Mau?

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat makanan dalam bengkuang bermanfaat untuk membantu meningkatkan sebagian besar tinja. Ini membantunya bergerak lebih lancar melalui saluran pencernaan Anda 

Selain itu, bengkuang mengandung sejenis serat yang disebut inulin. Dilansir Healthline, Studi menunjukkan bahwa inulin dapat meningkatkan frekuensi buang air besar hingga 31% pada mereka yang mengalami sembelit.

Bengkuang juga tinggi air, yang dapat membantu meringankan sembelit. Makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti bengkuang juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan harian.

Baca Juga: 4 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati!

3. Baik untuk Bakteri Usus 

Bengkuang mengandung inulin yang tinggi, yang merupakan serat prebiotik. Prebiotik adalah zat yang dapat digunakan oleh bakteri dalam tubuh Anda untuk menghasilkan berbagai manfaat kesehatan.

Mengkonsumsi bengkuang yang mengandung prebiotik mendorong pertumbuhan jenis bakteri yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan penyakit ginjal.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat bengkuang selanjutnya adalah mampu mengurangi risiko kanker. Pasalnya, bengkuang mengandung antioksidan, vitamin C dan E, selenium dan beta-karoten yang dapat menetralkan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan kanker.

Baca Juga: Simak 5 Obat Diabetes Alami yang Ampuh Menurunkan Gula Darah

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bengkuang adalah makanan padat nutrisi, oleh karena itu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bengkuang juga mengandung nutrisi yang banyak tetapi jumlah kalori yang relatif rendah.

Artinya bengkuang kaya akan air dan serat yang membantu Anda kenyang alias sangat cocok untuk dijadikan menu diet menurunkan berat badan.

Selain itu, serat dalam bengkuang dapat membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil. Serat memperlambat pencernaan, yang membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×