kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SAB-Cek 10 Manfaat Jus Bayam Untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Sabtu, 28 Oktober 2023 / 11:05 WIB
SAB-Cek 10 Manfaat Jus Bayam Untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat jus bayam untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat jus bayam untuk kesehatan tubuh yang menakjubkan dan menarik diketahui. Selain itu, manfaat jus bayam untuk kesehatan juga telah teruji secara klinis.

Bayam, sayuran hijau yang sering kali diidentikan dengan kekuatan Popeye si pelaut, adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Namun, bayam bukan hanya enak dimakan sebagai sayuran, tapi juga bisa diolah menjadi jus yang lezat dan bermanfaat. 

Jus bayam adalah minuman yang penuh dengan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Merangkum dari PharmEasy, berikut manfaat jus bayam untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Antioksidan

Jus bayam mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini dan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam jus bayam merupakan komponen penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi jus bayam secara teratur dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi dan penyakit. Ini juga membantu dalam penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit.

3. Kesehatan Jantung

Jus bayam kaya akan kalium, yang membantu dalam menjaga tekanan darah yang sehat. Kalium juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, bayam juga mengandung nitrat alami, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi beban kerja jantung.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jus Kiwi untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaksantin dalam bayam sangat baik untuk kesehatan mata. Kedua senyawa ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan risiko penyakit mata degeneratif seperti katarak dan degenerasi makula.

5. Menyokong Kesehatan Tulang

Bayam kaya akan vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam proses pembekuan darah dan penyerapan kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

Baca Juga: 8 Manfaat Durian Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Sudah Tahu?

6. Menurunkan Risiko Kanker

Jus bayam mengandung senyawa fitokimia seperti flavonoid dan karotenoid yang telah terbukti memiliki potensi anti-kanker. Konsumsi rutin jus bayam dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam bayam membantu menjaga kesehatan pencernaan. Makanan tinggi serat dapat membantu mengurangi risiko sembelit, menjaga perut tetap sehat, dan mendukung fungsi usus yang baik.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Terong Bulat Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

8. Menurunkan Berat Badan

Bayam rendah kalori dan lemak, sehingga cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Jus bayam dapat menjadi pilihan yang baik sebagai camilan sehat yang memberikan rasa kenyang tanpa penambahan kalori berlebih.

9. Meningkatkan Energi

Kandungan zat besi dalam bayam membantu dalam transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Ini dapat meningkatkan tingkat energi dan mengurangi risiko anemia.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

10. Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dalam bayam baik untuk kesehatan kulit. Ini dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jus bayam, pastikan untuk mengonsumsinya secara teratur sebagai bagian dari pola makan seimbang. Namun, ingatlah bahwa jus bayam sebaiknya dikonsumsi dalam batas yang wajar, karena mengonsumsinya berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping. Jus bayam yang segar dan alami adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda dengan cara yang lezat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×