kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 10 Manfaat Terong Bulat Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Jumat, 27 Oktober 2023 / 10:55 WIB
Kenali 10 Manfaat Terong Bulat Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat terong bulat untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Selain itu, cara mengkonsumsi terong bulat juga perlu diketahui untuk bisa mendapatkan manfaat terong bulat tersebut.

Terong bulat, atau dikenal juga sebagai terong telur, adalah salah satu jenis sayuran yang sering digunakan dalam berbagai masakan di berbagai belahan dunia. 

Selain memiliki rasa yang unik, terong bulat juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Khasiatnya

Melansir dari Healthier Steps, berikut beberapa manfaat terong bulat untuk kesehatan di antaranya:

1. Kaya akan Nutrisi

Terong bulat mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral. Ini termasuk vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, kalium, tembaga, dan mangan. Serat dalam terong bulat membantu memperbaiki pencernaan, mengatur gula darah, dan menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa Selain Rasa Pahit

2. Mengandung Antioksidan

Terong bulat mengandung senyawa antioksidan seperti nasunin dan klorogenat. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Terong bulat rendah kalori dan kolesterol, sehingga cocok untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam terong dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Baca Juga: Catat 8 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami, Sudah Coba?

4. Mendukung Kesehatan Otak

Terong bulat mengandung senyawa yang disebut anthocyanins, yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu melindungi sel-sel otak. Konsumsi terong bulat secara teratur dapat mendukung kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam terong bulat membantu dalam produksi kolagen, yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dalam terong juga membantu melawan kerusakan kulit akibat sinar UV dan polusi lingkungan.

Baca Juga: Simak 8 Ciri-ciri Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

6. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam terong bulat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Ini juga membantu penyembuhan luka yang lebih cepat.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan serat dalam terong bulat dapat membantu mengontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini dapat membantu dalam pencegahan diabetes tipe 2 dan mengelola diabetes bagi yang sudah menderita penyakit ini.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

8. Mendukung Kesehatan Tulang

Vitamin K dalam terong bulat membantu dalam penyerapan kalsium dan memelihara kesehatan tulang. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan kerapuhan tulang.

9. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam terong bulat membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu dalam mengurangi asupan kalori dan mendukung penurunan berat badan.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

10. Menyediakan Energi

Terong bulat mengandung karbohidrat yang memberikan energi. Ini adalah pilihan makanan yang baik untuk memulai hari atau sebagai camilan sehat di tengah hari.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya, mengonsumsi terong bulat adalah cara yang baik untuk meningkatkan pola makan Anda dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Anda dapat menikmatinya dalam berbagai hidangan seperti sup, tumis, atau bahkan sebagai bahan dalam hidangan penutup. Jadi, jangan ragu untuk mengintegrasikan terong bulat ke dalam diet sehat Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang berlimpah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×