kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 8 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami, Sudah Coba?


Kamis, 26 Oktober 2023 / 11:53 WIB
Catat 8 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami, Sudah Coba?
ILUSTRASI. Cara mengatasi insomnia secara alami.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak cara mengatasi insomnia secara alami yang penting diketahui. Meski alami, cara mengatasi insomnia yang dimaksud juga tidak kalah ampuh dan patut untuk dicoba.

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. Namun, banyak dari kita mengalami kesulitan tidur, terutama insomnia. 

Insomnia adalah gangguan tidur yang umum, yang dapat memengaruhi kualitas hidup Anda. Meskipun obat-obatan tidur tersedia, ada banyak cara alami untuk mengatasi insomnia.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Melansir dari Healthline, berikut beberapa cara mengatasi insomnia secara alami di antaranya:

1. Tetapkan Jadwal Tidur yang Teratur

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi insomnia adalah dengan memiliki jadwal tidur yang teratur. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan. Hal ini akan membantu mengatur jam biologis Anda dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

2. Hindari Kafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol dapat mengganggu tidur Anda. Hindari minum minuman berkafein atau alkohol beberapa jam sebelum tidur. Kafein adalah stimulan yang dapat membuat Anda tetap terjaga, sementara alkohol, meskipun mungkin membuat Anda tertidur lebih cepat, dapat mengganggu tidur dalam jangka panjang.

3. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tidur Anda. Lakukan olahraga secara teratur, tetapi hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena ini dapat membuat Anda terlalu terjaga. Idealnya, lakukan olahraga beberapa jam sebelum tidur.

Baca Juga: 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Lingkungan tidur yang nyaman dapat membantu Anda tidur lebih baik. Pastikan kamar tidur Anda gelap, sejuk, dan tenang. Gunakan matras dan bantal yang nyaman, dan hindari paparan cahaya biru dari layar gadget sebelum tidur.

5. Terapkan Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan yang seringkali menjadi penyebab insomnia. Cobalah untuk melatih teknik-teknik ini sebelum tidur untuk membantu Anda bersantai.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Secara Klinis

6. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Sebelum Tidur

Makan makanan berat atau berlemak sebelum tidur dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu tidur. Cobalah untuk makan makanan ringan beberapa jam sebelum tidur. Hindari juga minum terlalu banyak sebelum tidur untuk menghindari sering bangun di tengah malam untuk buang air kecil.

7. Pertimbangkan Suplemen Tidur

Beberapa suplemen herbal seperti valerian root, chamomile, atau melatonin dapat membantu Anda tidur lebih baik. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tidur, terutama jika Anda sedang minum obat lain.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kulit Singkong Untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

8. Batasi Penggunaan Gadget

Cahaya biru dari layar gadget dapat mengganggu ritme tidur Anda. Cobalah untuk menghindari penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur. Anda juga dapat mengaktifkan mode malam pada ponsel atau komputer Anda untuk mengurangi paparan cahaya biru.

Insomnia dapat sangat mengganggu kualitas hidup Anda, tetapi ada banyak cara alami yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tidur ini. Dengan menjaga jadwal tidur yang teratur, menghindari zat-zat yang mengganggu tidur, dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, Anda dapat tidur lebih nyenyak tanpa perlu mengandalkan obat tidur. 

Cobalah berbagai metode di atas, dan jika masalah tidur Anda tetap berlanjut, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran lebih lanjut. Dengan perubahan gaya hidup yang sehat, Anda dapat mengatasi insomnia dan kembali menikmati tidur yang berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×