kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,16   -2,35   -0.26%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan


Kamis, 28 September 2023 / 14:40 WIB
8 Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan
ILUSTRASI. Manfaat jus nanas jika diminum secara rutin dapat mencegah berkembangnya beberapa jenis penyakit.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat jus nanas jika diminum secara rutin dapat mencegah berkembangnya beberapa jenis penyakit. Pasalnya, nanas kaya akan vitamin dan mineral serta mengandung bromelain, enzim yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. 

Banyak penelitian yang telah mempelajari manfaat bromelain dan mendukung beberapa potensi manfaat kesehatan nanas. Nah, salah satu cara enak untuk mengonsumsi nanas adalah dengan membuat jus nanas.

Nanas secara alami kaya akan vitamin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, salah satu manfaat jus nanas pun juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. 

Lalu, apa saja manfaat jus nanas untuk kesehatan? 

Baca Juga: Ini 10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Perut Kosong, Cek Selengkapnya

Kandungan vitamin jus nanas


Kandungan vitamin jus nanas

Dirangkum dari laman Medical News Today, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, kandungan vitamin jus nanas seberat 250 gram mengandung:

  • 132 kalori
  • 0,9 gram protein
  • 0,3 gram lemak
  • 32,2 gram karbohidrat
  • 0,5 gram serat
  • 25 gram gula
  • Mangan
  • Vitamin C
  • Tiamin
  • Vitamin B-6
  • Folat

Nanas juga mengandung nutrisi berikut:

  • Kalium
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Beta karoten

Baca Juga: Cara-Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar dengan Bahan Alami Tanpa Obat

Manfaat jus nanas untuk kesehatan


Manfaat jus nanas

Sementara itu, dikutip dari WebMD dan Medical News Today, manfaat jus nanas untuk kesehatan antara lain: 

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan Bromelain dapat mencegah pembekuan darah dan timbunan kolesterol di arteri. Hal ini dapat mendukung aliran darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mengobati flu dan alergi 

Manfaat jus nanas juga bisa mengencerkan lendir saat flu karena kandungan Bromelainnya. Jus nanas juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan gejala flu dan alergi. 

Hal ini juga membuat munculnya beberapa penelitian mengenai manfaat jus nanas dalam mengobati asma.

Baca Juga: Makanan Ini Bisa Menaikkan Kadar Gula Darah Rendah dengan Cepat

3. Menjaga kesehatan mata 

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada jus nanas dapat menjaga kesehatan mata. Jus nanas mengandung vitamin C, beta-karoten, dan vitamin A tingkat tinggi, yang semuanya mengurangi risiko degenerasi makula. 

Degenerasi makula adalah suatu kondisi yang menyebabkan katarak terkait usia dan masalah penglihatan. 

Studi juga menemukan bahwa manfaat jus nanas mengurangi terjadinya eye floaters, yaitu bentuk atau bintik kecil yang mengganggu penglihatan. 

4. Memperlancar pencernaan

Manfaat jus nanas juga bisa memperlancar pencernaan. Enzim dalam jus nanas membantu memecah protein dalam usus, sehingga dapat membantu mengurangi sembelit, kelebihan gas, dan kembung. 

Bromelain juga memiliki sifat antibakteri yang dapat melindungi usus dari bakteri penyebab diare seperti E.coli dan mengurangi peradangan usus.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat jus nanas untuk pencernaan karena penelitian berfokus pada efek konsentrasi bromelain yang lebih tinggi daripada jumlah yang ditemukan dalam jus nanas.

Baca Juga: Selain Jus Nanas, Ini Jus Buah yang Bikin Asam Urat Tinggi Minta Ampun

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat jus nanas untuk kesehatan ternyata juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah studi pada 2014 di Filipina, peneliti meneliti manfaat nanas pada 98 anak usia sekolah.

Anak-anak yang makan nanas kalengan setiap hari mengalami lebih sedikit infeksi virus dan bakteri dibandingkan mereka yang tidak makan buah ini.

Peserta yang mengalami infeksi pada kelompok yang makan nanas memiliki waktu pemulihan yang lebih singkat.

Meskipun penelitian ini terbatas, hasilnya menunjukkan adanya hubungan antara asupan nanas dan respon imun yang lebih efektif terhadap infeksi.

Baca Juga: 8 Pengobatan Rumahan untuk Meringankan Gejala Flu dan Pilek

6. Melawan kanker

Manfaat jus nanas juga bisa melawan kanker.  Dalam sebuah penelitian laboratorium pada 2015, menemukan bahwa jus nanas dapat menekan pertumbuhan sel kanker ovarium dan usus besar.

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan sebelum para ilmuwan dapat mengkonfirmasi hubungan antara jus nanas dan pencegahan atau pengobatan kanker.

Nanas juga menyediakan beta karoten dalam jumlah yang baik. Dalam studi tahun 2014 dengan 893 partisipan, orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan mengandung beta karoten menunjukkan tanda-tanda penurunan risiko kanker usus besar.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Memutihkan Masalah Gigi Kuning dan Cara Memakainya,

7. Menyehatkan kulit

Jus nanas mengandung vitamin C dan beta karoten. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi kerutan, memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, dan meminimalkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Vitamin C juga membantu pembentukan kolagen, yang merupakan protein umum dalam tubuh yang memberi kekuatan dan struktur pada kulit.

8. Sifat anti-peradangan

Jus nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang memicu kemampuan tubuh untuk melawan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. 

Hal digunakan sebagai pengobatan untuk peradangan dan cedera olahraga dan mungkin efektif dalam mengurangi gejala osteoartritis.

Demikian sejumlah manfaat jus nanas untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×