kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?


Kamis, 14 Desember 2023 / 13:54 WIB
Ini 8 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Kacang almond


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kacang Almond - Banyak manfaat kacang almond bagi kesehatan tubuh yang menarik perhatian diketahui. Tidak hanya itu, manfaat kacang almond juga telah teruji secara klinis.

Kacang almond, yang merupakan biji dari pohon almond, bukan hanya sekadar camilan enak, tetapi juga menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam almond membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mendukung gaya hidup sehat.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 23, Ini Prediksi Persija Jakarta vs PSS Sleman

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat kacang almond bagi kesehatan:

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Almond mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin E, magnesium, kalsium, dan serat. Vitamin E, sebagai antioksidan, dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, sedangkan magnesium dan kalsium mendukung kesehatan tulang dan otot.

Baca Juga: 7 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Suka Pare?

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, dalam almond dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Dengan demikian, konsumsi kacang almond dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Almond juga merupakan sumber vitamin E dan riboflavin, yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak. Nutrisi ini dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan memperkuat fungsi kognitif.

Baca Juga: Suka Petai? Ini 7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

4. Mendukung Pengendalian Berat Badan

Meskipun almond memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, studi menunjukkan bahwa konsumsi moderat kacang almond dapat membantu dalam pengendalian berat badan. Kandungan serat dan protein dalam almond memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

5. Mengelola Diabetes

Almond memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu mengelola kadar gula darah. Kandungan serat dan protein dalam almond juga dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa, yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

6.  Kesehatan Kulit

Vitamin E dalam almond memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas. Konsumsi almond secara teratur dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan memberikan tampilan kulit yang sehat.

7. Mendukung Fungsi Pencernaan

Kacang almond mengandung serat, yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu mengatasi masalah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Baca Juga: 8 Manfaat Kismis Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

8. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam almond, seperti vitamin E, dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan perkembangan sel kanker. Meskipun bukan pengganti pengobatan medis, konsumsi makanan kaya antioksidan seperti almond dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Penting untuk diingat bahwa konsumsi almond sebaiknya seimbang dan disertai dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan atau gaya hidup Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×