kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Suka Petai? Ini 7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui


Rabu, 13 Desember 2023 / 16:42 WIB
Suka Petai? Ini 7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat petai untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Petai  - Banyak manfaat petai bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui khususnya bagi penyuka petai. Namun, cara mengolah dan mengkonsumsi petai juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat petai secara maksimal.

Petai, atau pisang tanduk, bukan hanya buah yang lezat, tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Dalam budaya Asia, petai sering dianggap sebagai camilan yang lezat, tetapi ternyata, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi dan senyawa bioaktif yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 8 Manfaat Kismis Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari Health Benefits Times, berikut manfaat petai bagi kesehatan:

1. Sumber Energi yang Baik

Petai mengandung karbohidrat kompleks, yang memberikan energi secara bertahap. Ini membuatnya menjadi camilan ideal untuk menjaga stabilitas energi tubuh. Petai juga mengandung gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang dapat memberikan dorongan energi instan.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

2. Kaya Serat untuk Pencernaan yang Sehat

Petai mengandung serat makanan yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan pergerakan usus, dan mendukung penyerapan nutrisi yang optimal. Mengonsumsi petai secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

3. Sumber Vitamin dan Mineral

Petai mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, vitamin B6, potassium, magnesium, dan folat. Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, vitamin B6 berperan dalam metabolisme karbohidrat, potassium mendukung keseimbangan elektrolit, magnesium penting untuk fungsi otot dan saraf, dan folat sangat penting selama masa perkembangan sel.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi

4. Mengandung Antioksidan Penting

Petai mengandung senyawa antioksidan, seperti karotenoid dan flavonoid. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan potassium dalam petai membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Potassium berperan dalam mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot, dan fungsi jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 23, Simak Prediksi RANS Nusantara vs Borneo FC

6. Mengandung Triptofan untuk Kesehatan Mental

Petai mengandung triptofan, sejenis asam amino yang diperlukan tubuh untuk memproduksi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang dapat meningkatkan mood dan membantu mengurangi stres dan kecemasan.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam petai penting untuk kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan retina dan dapat membantu mencegah masalah penglihatan yang terkait dengan penuaan.

Meskipun petai memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya secara seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat. Jangan ragu untuk menikmati petai sebagai camilan yang lezat dan bergizi untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×