kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi


Rabu, 13 Desember 2023 / 13:29 WIB
8 Manfaat Buah Kecapi Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi
ILUSTRASI. Manfaat buah kecapi untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Kecapi - Manfaat buah kecapi bagi kesehatan tubuh terbilang masih jarang diketahui kebanyakan orang. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah kecapi juga perlu diperhatikan.

Buah kecapi, atau yang juga dikenal dengan nama Latinnya sebagai Flacourtia inermis, adalah buah yang berasal dari keluarga Salicaceae. 

Buah ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2023-2024: Pekan 17 Ada Laga Chelsea vs Sheff United

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat buah kecapi bagi kesehatan:

1. Kandungan Antioksidan Tinggi

Buah kecapi mengandung antioksidan yang tinggi, seperti polifenol dan vitamin C. Antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh, Catat Ini Khasiatnya!

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah kecapi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal sebagai nutrisi penting dalam mendukung produksi dan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kecapi dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sedangkan antioksidan melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Toge Bagi Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis

4. Mengatur Tekanan Darah

Kecapi juga dapat memberikan manfaat dalam mengatur tekanan darah. Senyawa-senyawa tertentu dalam buah ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah, sehingga cocok untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

5. Menyediakan Energi dan Nutrisi

Buah kecapi kaya akan vitamin, mineral, dan karbohidrat yang memberikan energi bagi tubuh. Kandungan nutrisi ini membantu menjaga keseimbangan gizi dan memberikan dukungan bagi fungsi-fungsi tubuh yang optimal.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi

6. Mendukung Fungsi Pencernaan

Serat dalam buah kecapi dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah masalah seperti sembelit. Serat juga berperan dalam menjaga kesehatan usus dan mencegah risiko penyakit usus.

7. Mengandung Zat Besi

Kecapi juga mengandung zat besi, mineral yang sangat penting untuk membantu mencegah anemia. Zat besi diperlukan dalam produksi hemoglobin, yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Persik Bagi Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian

8. Potensi Antiinflamasi

Beberapa senyawa dalam buah kecapi memiliki potensi antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat dalam mengatasi kondisi seperti arthritis atau masalah peradangan lainnya.

Meskipun buah kecapi belum begitu populer seperti buah-buahan lainnya, namun dengan berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya, tidak ada salahnya untuk memasukkan buah kecapi ke dalam pola makan sehari-hari. Namun, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan atau pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×