kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 6 Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui


Kamis, 03 Agustus 2023 / 10:30 WIB
Catat 6 Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah kecapi untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa manfaat buah kecapi untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui kebanyakan orang. Meski demikian, cara pengolahan juga patut menjadi perhatian untuk bisa mendapatkan manfaat buah kecapi tersebut.

Selain itu, buah kecapi menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Banyaknya manfaat buah kecapi berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. 

Kandungan nutrisi dalam buah kecapi di antaranya seperti protein, serat, kalsium, vitamin C, vitamin B, dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Baca Juga: Daftar 5 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

Buah kecapi sekilas nampak seperti buah manggis. Buah kecapi juga termasuk salah satu jenis buah eksotis yang tumbuh subuh di Asia Tenggara dan menyimpan banyak khasiat. 

Lantas apa saja manfaat buah kecapi untuk kesehatan? 

Melansir dari Steemit, berikut ada beberapa manfaat buah kecapi untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menurukan Kolesterol

Salah satu manfaat buah kecapi yang penting untuk diketahui di antaranya adalah mampu menurunkan kolesterol tinggi. Selain itu mengkonsumsi buah kecapi juga bermanfaat untuk meminimalisir berbagai gejala penyakit jantung seperti stroke, tekanan darah tinggi hingga kolesterol tinggi.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Ikan Nila Untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisi Didalamnya

2. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat buah kecapi selanjutnya juga tak kalah hebat yaitu dapat menurunkan risiko kanker. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mencegah penyakit ganas tersebut.

Terdapat sebuah jurnal ilmiah bahwa mengkonsumsi buah kecapi dapat melawan adanya penyakit kanker. Selain itu, buah juga mampu membunuh perkembangan sel abnormal, misalnya leukemia.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kecapi juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah kecapi mengandung banyak vitamin C dan nutrisi lain yang efektif meningkatkan imunitas tubuh serta menangkal berbagai radikal bebas.

Baca Juga: 6 Makanan Penurun Diabetes yang Aman Dikonsumsi, Mau Coba?

4. Mengobati Alergi

Alergi adalah salah satu gangguan kesehatan yang dipcu oleh berbagai faktor seperti makanan, kosmetik, debu, sinar matahari dan sebagainya. Untuk mengatasi alergi Anda bisa memanfaatkan buah kecapi.

Pasalnya, buah kecapi mengandung senyawa yang mampu menyembuhkan alergi pada kulit.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Menjaga kesehatan mulut adalah hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah kecapi.

Hal tersebut dikarenakan buah kecapi mampu merangsang produksi air liur lebih banyak sehingga perkembangan bakteri juga bisa dicegah dan kesehatan mulut jadi lebih terjaga.

Baca Juga: Waspada 6 Makanan Penyebab Asam Urat yang Wajib Diketahui

6. Baik Untuk Penderita Diabetes

Buah kecapi juga merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi penderita diabetes. Meski manis, buah kecapi aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan indeks glikemik buah kecapi termasuk rendah dan mampu memperlambat penyerapan gula darah dan menjaga kestabilannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×