kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,08   6,72   0.72%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan yang Tersembunyi


Jumat, 08 Desember 2023 / 14:24 WIB
Ini 7 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan yang Tersembunyi
ILUSTRASI. Buah kersen


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Kersen - Ada sejumlah manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh yang tersembunyi. Selain itu, manfaat buah kersen bagi kesehatan juga telah teruji khasiatnya.

Buah kersen, juga dikenal sebagai ceri, bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Buah ini tidak hanya digunakan sebagai bahan dalam kue atau selai, tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: 7 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Sudah Tahu?

Merangkum dari Healthline, ini manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh:

1. Antiinflamasi Alami

Buah kersen memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat bagi individu yang mengalami arthritis atau kondisi peradangan lainnya.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

2. Menyokong Kesehatan Otak

Kandungan antosianin dalam buah kersen dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi otak dari penuaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah beri, termasuk kersen, dapat berhubungan dengan peningkatan daya ingat dan kewaspadaan mental.

3. Menjaga Berat Badan Seimbang

Buah kersen rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat menjadi pilihan camilan yang sehat untuk membantu menjaga berat badan yang seimbang. Serat juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

4. Menyehatkan Kulit

Antioksidan dalam buah kersen tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan internal, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Antioksidan membantu melawan efek penuaan dini dan merawat kulit dari dalam.

5. Mengandung Vitamin dan Mineral Penting

Buah kersen kaya akan vitamin C, vitamin K, dan mineral seperti potassium dan magnesium. Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, vitamin K baik untuk pembekuan darah, sementara potassium dan magnesium berperan penting dalam keseimbangan elektrolit dan fungsi otot.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan, Catat Ya!

6. Kaya Antioksidan

Buah kersen mengandung antioksidan kuat seperti antosianin, quercetin, dan katekin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

7. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam buah kersen dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Buah kersen bukan hanya lezat, tetapi juga merupakan tambahan yang sangat baik untuk pola makan sehat. Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, kemampuan antiinflamasinya, dan berbagai nutrisi penting lainnya, konsumsi buah kersen dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsi dalam batas wajar tetap dianjurkan untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×