kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui


Kamis, 07 Desember 2023 / 15:08 WIB
Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui
ILUSTRASI. Tomat


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Tomat - Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang wajib dan menarik diketahui. Tidak hanya itu, manfaat tomat juga telah teruji khasiatnya secara klinis.

Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi tomat juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimal manfaat tomat secara maksimal.

Tomat (Solanum lycopersicum) bukan hanya sekadar bumbu dapur atau pelengkap salad. Buah merah yang segar ini juga merupakan sumber nutrisi yang kaya dan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

Merangkum dari Everyday Health, ini manfaat tomat bagi kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Antioksidan

Tomat mengandung antioksidan tinggi, terutama likopen. Likopen adalah senyawa pigmen merah yang memberikan warna khas pada tomat. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berpotensi menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Tomat dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan likopen dan potassium dalam tomat telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

3. Menyokong Kesehatan Mata

Tomat mengandung vitamin A, C, dan E yang penting untuk kesehatan mata. Likopen juga terbukti dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Konsumsi tomat secara teratur dapat membantu menjaga penglihatan Anda dan mencegah masalah mata degeneratif.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Menurunkan Risiko Kanker

Likopen dalam tomat telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus. Antioksidan lain yang terdapat dalam tomat juga berperan dalam melawan pertumbuhan sel kanker.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tomat mengandung vitamin C yang dikenal sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu produksi sel darah putih, yang esensial untuk melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?

6. Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan C dalam tomat dapat membantu memelihara kelembaban kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan mempromosikan penyembuhan luka. Tomat juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Paprika Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

7. Menyediakan Nutrisi Esensial

Tomat kaya akan nutrisi seperti vitamin K, potassium, folat, dan serat. Nutrisi ini mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk pembekuan darah, kesehatan tulang, dan pencernaan yang sehat.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya, menambahkan tomat ke dalam pola makan seimbang dapat menjadi langkah yang cerdas untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jangan ragu untuk mengolah tomat dalam berbagai cara, seperti dimakan segar, dijadikan saus, atau ditambahkan ke dalam berbagai hidangan untuk menikmati semua manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×