kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui


Kamis, 07 Desember 2023 / 15:07 WIB
Kenali 6 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah kelapa bagi kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Kelapa - Ada sejumlah manfaat buah kelapa bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui dan sayang jika terlewatkan. Pasalnya, manfaat buah kelapa telah teruji secara klinis.

Buah kelapa, yang seringkali disebut sebagai "buah seribu guna," bukan hanya menyegarkan dengan airnya yang lezat, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Berbagai komponen nutrisi yang terkandung dalam buah kelapa memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan tubuh.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

Merangkum dari Stylecraze, ini manfaat buah kelapa bagi kesehatan:

1. Air Kelapa untuk Hidrasi Optimal

Air kelapa adalah sumber hidrasi alami yang sangat baik. Kandungan elektrolitnya, seperti kalium, natrium, dan magnesium, membuatnya menjadi minuman isotonik yang efektif. Air kelapa membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas fisik, kelelahan, atau kondisi cuaca panas. Hidrasi yang cukup juga mendukung fungsi organ tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Baca Juga: 7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

2. Serat untuk Pencernaan Sehat

Buah kelapa mengandung serat yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan pergerakan usus, dan memelihara kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Konsumsi serat juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol.

3. Lemak Sehat dalam Kelapa

Kelapa kaya akan lemak sehat, terutama asam lemak rantai sedang (medium-chain fatty acids/MCFA) seperti asam laurat. Asam lemak ini dapat memberikan energi instan dan memiliki potensi untuk meningkatkan metabolisme. Selain itu, asam lemak dalam kelapa dapat mendukung fungsi otak dan sistem saraf.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Antioksidan untuk Perlindungan Sel

Buah kelapa mengandung antioksidan, seperti polifenol dan vitamin C, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan membantu memperlambat penuaan sel dan dapat berkontribusi dalam mencegah beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

5. Kesehatan Jantung yang Didukung oleh Kelapa

Asam lemak dalam kelapa dapat berkontribusi pada kesehatan jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Kombinasi ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?

6. Nutrisi Penting untuk Kesehatan Tulang

Buah kelapa kaya akan mineral penting seperti mangan, fosfor, dan kalsium, yang mendukung kesehatan tulang dan gigi. Mangan berperan dalam pembentukan tulang, fosfor diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, sedangkan kalsium penting untuk kepadatan tulang dan fungsi otot.

Buah kelapa tidak hanya memberikan rasa segar, tetapi juga menyajikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Dengan mengonsumsi buah kelapa secara teratur, Anda dapat mendukung hidrasi optimal, meningkatkan fungsi pencernaan, melindungi sel dari kerusakan, dan mendukung kesehatan jantung dan tulang. Tetaplah memasukkan buah kelapa ke dalam pola makan seimbang Anda untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×