kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Sudah Tahu?


Kamis, 07 Desember 2023 / 15:08 WIB
7 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Kangkung


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kangkung - Terdapat berbagai manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh yang tersembunyi dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah kangkung juga perlu diperhatikan.

Kangkung, sayuran hijau yang sering dijumpai dalam berbagai hidangan Asia, bukan hanya menambah cita rasa pada masakan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, kangkung menjadi pilihan yang baik untuk memperkaya pola makan sehari-hari.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Merangkum dari Stylecraze, ini manfaat kangkung bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi

Kangkung mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, dan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan potassium. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan mendukung berbagai fungsi organ.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Jambu Air Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kangkung mengandung beta-karoten, yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A dikenal sebagai nutrisi yang mendukung kesehatan mata, membantu menjaga penglihatan yang baik, dan melindungi mata dari penyakit terkait.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam kangkung berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, mengurangi risiko infeksi, dan mendukung proses penyembuhan.

Baca Juga: Prediksi PSM Makassar vs Bhayangkara FC, Ini Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 22

4. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kangkung kaya akan vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang, serta berperan dalam pembekuan darah yang tepat. Selain itu, kalsium dan magnesium dalam kangkung juga mendukung kesehatan tulang dan gigi.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kangkung mengandung potassium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Konsumsi kangkung secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Prediksi Tottenham Hotspur vs West Ham dan Jadwal Liga Inggris 2023-2024 Pekan 15

6. Menurunkan Risiko Anemia

Zat besi dalam kangkung membantu dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Mengonsumsi kangkung dapat membantu menjaga tingkat zat besi dalam tubuh, khususnya pada mereka yang rentan terhadap kekurangan zat besi.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

7. Mendukung Diet Penurunan Berat Badan

Kangkung memiliki kandungan kalori rendah dan serat tinggi, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama dan mendukung pencernaan yang sehat.

Kangkung bukan hanya sekadar pelengkap masakan, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang beragam dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi kangkung secara teratur, kita dapat mendukung kesehatan mata, jantung, tulang, dan sistem kekebalan tubuh, serta memberikan kontribusi pada diet sehat dan penurunan berat badan. Oleh karena itu, sebaiknya kita memasukkan kangkung ke dalam menu makanan sehari-hari untuk mendukung kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×