kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Jambu Air Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa


Kamis, 07 Desember 2023 / 13:59 WIB
8 Manfaat Buah Jambu Air Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat buah jambu air.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Jambu Air - Banyak manfaat buah jambu air bagi kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Selain itu, manfaat buah jambu air juga tidak perlu diragukan lagi khasiatnya.

Buah jambu air, atau sering disebut guava, bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Buah jambu air ini memiliki sejumlah manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

Merangkum dari NDTV, ini manfaat buah jambu air bagi kesehatan:

1. Kaya akan Vitamin C

Buah jambu air mengandung kadar vitamin C yang tinggi, yang merupakan antioksidan kuat. Vitamin C membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mendukung kesehatan kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

2. Mendukung Sistem Pencernaan

Buah jambu air kaya akan serat, yang sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu memperlancar pencernaan, mencegah sembelit, dan memelihara kesehatan usus. Pemenuhan kebutuhan serat harian melalui konsumsi buah jambu air dapat mendukung fungsi optimal sistem pencernaan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah jambu air dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga kadar kolesterol dalam batas normal.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Konsumsi buah jambu air dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Serat dalam buah ini dapat mengurangi penyerapan gula dari makanan, sehingga bermanfaat untuk pencegahan dan pengelolaan diabetes.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah jambu air mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Nutrien-nutrien ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan meminimalkan risiko penyakit mata terkait usia.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun buah jambu air mengandung sejumlah kalori, mereka rendah lemak dan bebas kolesterol. Kandungan seratnya yang tinggi juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu dalam program penurunan berat badan.

7. Mendukung Kesehatan Kulit

Vitamin C yang tinggi dalam buah jambu air memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen, protein yang diperlukan untuk kulit yang sehat dan kenyal. Konsumsi buah ini dapat membantu melawan tanda penuaan dini dan menjaga kelembapan kulit.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kesehatan yang Luar Biasa, Catat Ya!

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dan antioksidan dalam buah jambu air dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan penyakit. Konsumsi rutin dapat membantu tubuh tetap sehat dan melawan radikal bebas.

Buah jambu air bukan hanya lezat tetapi juga merupakan tambahan yang sangat baik untuk pola makan sehat. Dengan kandungan nutrisinya yang kaya, buah ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, disarankan untuk mengonsumsi buah jambu air sebagai bagian dari pola makan seimbang dan gaya hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×