kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Ampuh Obati Asam Urat, Ini 6 Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan dan Cara Merebusnya


Selasa, 24 Oktober 2023 / 15:47 WIB
Ampuh Obati Asam Urat, Ini 6 Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan dan Cara Merebusnya
ILUSTRASI. Manfaat daun kersen untuk asam urat.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Daun Kersen - Khasiat daun kersen secara tradisional dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan atau menyembuhkan berbagai penyakit. Manfaat daun kersen dikenal sebagai obat diabetes.

Kersen yang memiliki nama latin Muntingia calabura L. adalah pohon yang memiliki buah berukuran kecil dan berwarna merah cerah saat matang. Di Jakarta, kersen disebut sebagai ceri.

Sementara di Jawa, kersen disebut sebagai buah talok. Di benua Asia, tepatnya Asia Tenggara, daun kersen telah digunakan sebagai obat untuk mengontrol gula darah. 

Selain mengobati penyakit diabetes, daun kersen juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat daun kersen atau manfaat daun ceri untuk kesehatan?

Baca Juga: Tanda-Tanda Diabetes Pada Wanita & Pria, Manfaat Daun Kersen Untuk Diabetes Melitus

Manfaat daun kersen 

Dirangkum dari buku "Apotik Herbal di Sekitar Anda: Buku yang Memuat Jenis-jenis Daun Herbal" dan "Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan dan Aneka Olahannya", berikut beberapa manfaat daun kersen untuk kesehatan: 

1. Mengobati diabetes

Manfaat daun kersen yang paling dikenal adalah sebagai obat herbal diabetes. Daun kersen mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, chalcone, dan tanin yang memiliki efek antidiabetik. 

Senyawa kimia saponin dan flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyekresi hormon insulin yang bekerja untuk metabolisme gula. 

Daun kersen memiliki efek hipoglikemik yang signifikan dalam penurunan kadar glukosa darah. Sehingga, daun kersen dapat digunakan sebagai obat diabetes alami. 

Bahan:

  • Daun kersen 100 gram 
  • Satu liter air 

Cara membuat:

  • Cuci bersih daun kersen dan rebus dengan satu liter air hingga tersisa setengahnya
  • Minumlah dua kali sehari, masing-masing satu gelas 

Baca Juga: Pantangan Asam Urat, Cek Makanan Larangan & yang Baik Untuk Penderita Asam Urat

2. Obati asam urat 

Manfaat daun kersen ternyata juga ampuh mengobati asam urat. Mengutip dari Pharmacy Medical Journal Vol,1 No.1, 2018, daun kersen bisa sebagai alternatif terapi pada penderita gout artritis. 

Pasalnya, daun kersen mengandung flavanoid, tanning, trierpene, saponin, dan polifenol. Senyawa flavanoid dalam daun kersen bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dengan cara menghambat enzim xantin oksidase.  

Tidak hanya itu, daun kersen memiliki sifat antiinflamasi alias anti peradangan yang bisa menghambat terjadinya peradangan di persendian sehingga mampu mengurangi rasa nyeri. 

Hal inilah yang membuat daun kersen dipercaya efektif menumpas penyakit asam urat.

Bahan:

  • Daun kersen muda 10 lembar
  • Air dua gelas 

Cara membuat:

  • Rebus daun kersen muda selama 45 menit atau sampai menyisakan segelas air. 
  • Minum air rebusan daun kersen tersebut secara rutin. 

Baca Juga: Efektif Mengelola Gula Darah, Ini 7 Manfaat Terong untuk Kesehatan

3. Melindungi fungsi otot jantung 

Studi menyebutkan bahwa salah satu manfaat daun kersen atau daun talok dapat melindungi fungsi otot jantung. Caranya, konsumsi air rebusan daun kersen secara teratur. 

4. Anti hipertensi 

Salah satu manfaat daun kersen juga diyakini sebagai antihipertensi. Cara memanfaatkannya yakni dengan ambil daun kersen, cuci bersih, lalu jemur hingga kering. 

Setelah kering, Anda bisa menggunakannya setiap hari sebagai pengganti minuman teh dengan cara menyeduhnya dengan air panas. 

Lalu, aduk-aduk hingga airnya berubah kemerahan seperti teh. Konsumsilah dua kali sehari masing-masing satu gelas. 

Baca Juga: Selain Efektif Mengelola Gula Darah, Ini Manfaat Terong untuk Kesehatan

5. Anti kolesterol 

Manfaat daun kersen juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk mencegah dan mengobati kolesterol, Anda bisa membuat ramuan dengan cara merebus segenggam daun kersen yang segar dengan 3 gelas air. 

Biarkan sampai mendidih dan hingga airnya tersisa satu gelas. Lalu, minum secara teratur tiga kali sehari. 

6. Antiseptik 

Khasiat daun kersen juga bermanfaat sebagai antiseptik karena mengandung senyawa saponin, tannin, dan flavonoid sehingga dapat membunuh mikroba bakteri, antara lain K. Rhizophil, C. Diptheriae, P. Vulgaris, S. Aureus, dan S. Epidemidis

7. Antitumor 

Kandungan senyawa flavonoid dalam daun kersen terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel-sel tumor, sehingga ramuan ini dapat digunakan sebagai anti tumor. 

Baca Juga: Bisa Membantu Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Terong untuk Kesehatan

Cara mengolah daun kersen untuk obat herbal 

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengolah daun kersen sebagai obat herbal berbagai jenis penyakit. Cara mengolahnya sendiri terbilang sangat mudah. 

Anda hanya perlu merebusnya seperti membuat teh herbal. Tidak hanya itu saja, daun kersen juga dapat diolah menjadi keripik dengan cita rasa sangat khas. 

Sedangkan jika ingin menjadikannya sebagai ramuan untuk mengatasi masalah diabetes di dalam tubuh, maka siapkan dulu 50 hingga 100 gram daun kersen yang sudah dicuci bersih memakai air mengalir. 

Baca Juga: Berita Baik untuk Penderita Diabetes, 5 Air Rebusan Ini Ampuh Turunkan Gula Darah

Lanjutkan dengan merebus daun tersebut dalam satu liter air sampai benar-benar mendidih dan tersisa setengahnya. Air rebusan tersebut dapat diminum setidaknya satu kali sehari. 

Daun tersebut akan membantu mengontrol gula darah sehingga cocok untuk penderita diabetes. 

Demikian ulasan mengenai manfaat daun kersen untuk kesehatan dan cara merebus daun kersen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×