kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Membuat Ramuan untuk Atasi Asam Urat dengan Daun Salam, Butuh 10-25 Lembar


Sabtu, 19 Agustus 2023 / 05:27 WIB
Cara Membuat Ramuan untuk Atasi Asam Urat dengan Daun Salam, Butuh 10-25 Lembar
ILUSTRASI. Penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, Grid.id | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

RAMUAN UNTUK ATASI ASAM URAT - Salah satu penyakit yang umum ditemukan di tengah masyarakat adalah asam urat.

Melansir laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Penyakit asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Baca Juga: Rendah Purin, Ini 4 Camilan Sehat untuk Penderita Asam Urat

Penyebab asam urat

Pada dasanya penyebab asam urat ada 2 macam, yang menyebabkan penyakit asam urat primer dan penyakit asam urat sekunder.

Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah seseorang, antara lain:

· Memiliki keluarga yang mengidap asam urat.

· Baru saja mengalami cedera atau pembedahan.

· Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna).

· Sering mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.

· Memiliki kondisi medis tertentu misalnya diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

Baca Juga: 9 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Anemia




TERBARU

[X]
×