kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Anemia


Kamis, 17 Agustus 2023 / 10:28 WIB
9 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Anemia
ILUSTRASI. 9 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Anemia.FOTOANTARA/Feri Purnama/ss/pd/13


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip manfaat telur asin untuk kesehatan tubuh yang wajib diketahui. Ada sederet keuntungan dari konsumsi salah satu hidangan telur yang terbaik.

Telur asin atau dikenal telur pindang atau telur rebus asin, adalah jenis olahan telur bebek yang direbus dan difermentasi dalam campuran garam, air, dan bahan-bahan lainnya.

Proses fermentasi ini memberikan rasa dan aroma khas pada telur, serta mengubah tekstur dan warnanya menjadi lebih gelap.

Telur asin adalah hidangan yang populer dalam banyak budaya di seluruh dunia, terutama di Asia Timur dan Tenggara.

Baca Juga: Mengapa Gula Darah Kerap Tinggi di Pagi Hari? Ini 3 Cara Menurunkannya

Produksi telur asin

Proses pembuatan telur asin melibatkan beberapa langkah, dan ada variasi dalam bahan dan metode yang digunakan dalam pembuatannya. Namun, secara umum, berikut adalah beberapa tahapan dalam pembuatan telur asin:

  • Rebus Telur: Telur bebek direbus hingga matang. Setelah direbus, cangkang telur bisa dikupas atau dipecahkan sedikit untuk membuat permukaannya retak.
  • Fermentasi: Telur direndam dalam campuran garam, air, dan bahan-bahan lain seperti teh hitam, kulit bawang merah, dan rempah-rempah. Proses fermentasi ini dapat berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung pada jenis telur asin yang diinginkan.
  • Pengeringan: Setelah proses fermentasi selesai, telur dikeluarkan dari larutan garam dan dibiarkan mengering. Pada beberapa jenis telur asin, mungkin juga ada proses pengeringan atau penjemuran di bawah sinar matahari.

Hasil akhir dari proses ini adalah telur asin yang memiliki warna, rasa, dan aroma yang khas.  Nah, telur asin memiliki putih dan kuning telur yang berubah warna menjadi cokelat gelap hingga hitam.

Bagi yang belum tahu, ada beberapa sederet manfaat telur asin bagi kesehatan tubuh saat dikonsumsi dengan baik dan benar.

Simak manfaat telur asin untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui dilansir dari Dr Health Benefits.

Baca Juga: Tinggi Purin, 6 Makanan & Minuman Ini Terlarang Bagi Penderita Asam Urat

Manfaat telur asin untuk kesehatan

1. Regenerasi sel

Seperti yang kita ketahui, Protein membantu membentuk sel-sel baru dan meregenerasi sel-sel yang rusak dari dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi telur asin, regenerasi sel akan meningkat secara optimal, begitu juga dengan metabolisme tubuh.

2. Mengandung protein tinggi

Sebagian besar telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, begitu juga dengan telur asin. Terdapat 9 gram protein yang baik untuk pembentukan otot, dan metabolisme tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah

Telur asin mengandung nutrisi penting yang konon bisa menurunkan tekanan darah. Menjaga dan meningkatkan tekanan darah yang sehat penting untuk mencegah risiko penyakit seperti stroke atau serangan jantung serta gagal jantung dan ginjal.

4. Pencegahan anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada telur asin membantu tubuh untuk mencegah gejala anemia. Umumnya seperti mual, pusing, sakit kepala, dan perasaan mudah lelah. Mengkonsumsi telur asin karena alasan tertentu dapat mencegah gejala anemia tersebut. 

5. Meningkatkan penglihatan

Telur asin bisa menjadi solusi untuk masalah mata tanpa harus operasi mata laser. Asupan moderat telur asin selama rentang waktu dengan latihan mata setiap hari dapat meningkatkan penglihatan mata.

Makan telur asin baik untuk penglihatan kita karena kandungan nutrisinya terutama vitamin A atau B membantu melindungi mata dari kekeringan, mencegah katarak dan juga penyakit mata yang berkaitan dengan usia.

6. Antioksidan

Antioksidan dikenal sebagai pencegah radikal bebas. Ini membantu tubuh untuk tetap sehat dan terlebih lagi untuk mencegah kanker. Antioksidan biasanya diperoleh dari teh, apel, dan buah-buahan segar lainnya. 

7. Pertumbuhan otak

Omega 3 dalam telur asin membantu pertumbuhan sel-sel otak, juga dikenal untuk mencegah masalah sel-sel otak. Sangat direkomendasikan untuk ibu hamil atau anak dalam 3 tahun pertama mereka. Itu mirip dengan  Manfaat Kesehatan dari Telur Setengah Rebus

8. Selenium sebagai imun

Ada banyak manfaat kesehatan dari telur asin. Selenium yang terkandung dalam telur asin bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Mencegah bentuk batuk dan flu.

9. Mencegah masalah tulang

Telur asin mengandung fosfor dan kalsium yang cukup untuk menjaga dan membantu pertumbuhan tulang. Selain itu, telur asin dapat digunakan sebagai pencegahan osteoporosis.

Kalsium membantu pertumbuhan tulang terutama bagi anak-anak dan remaja, sehingga sangat dianjurkan bagi remaja untuk mengkonsumsi telur asin sebagai program pertumbuhannya. 

Tetap batasi konsumsi telur asin

Penting untuk diingat bahwa telur asin juga memiliki kandungan natrium yang tinggi karena proses fermentasi melibatkan penggunaan garam.

Oleh karena itu, konsumsi telur asin sebaiknya tetap diawasi, apabila Anda memilik masalah kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi atau penyakit ginjal.

Pastikan Anda juga tetap konsumsi makanan bergizi yang bisa menjadi penyeimbang konsumi telur asin.

Demikian informasi terkait manfaat telur asin untuk kesehatan tubuh yang bisa menjadi referensi makanan bergizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×