kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Merebus Daun Salam untuk Asam Urat & Kolesterol, Cara Lain Menurunkan Asam Urat


Kamis, 23 November 2023 / 06:32 WIB
Cara Merebus Daun Salam untuk Asam Urat & Kolesterol, Cara Lain Menurunkan Asam Urat
ILUSTRASI. Cara Merebus Daun Salam untuk Asam Urat & Kolesterol, Cara Lain Menurunkan Asam Urat


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,KONTAN.co.id,Grid | Editor: Adi Wikanto

Cara Menurunkan Asam Urat Secara Cepat dengan Alami - JAKARTA. Salah satu cara menurunkan asam urat dengan alami adalah menggunakan rebusan daun salam. Selain menurunkan asam urat, air rebusan daun salam bisa bisa menurunkan kolesterol. Lalu, bagaimana merebus daun salam untuk menurunkan asam urat dan kolesterol?

Diberitakan Grid.id, penyakit asam urat dan kolesterol memiliki hubungan yang cukup erat. Penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat.

Secara alamiah, asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh.

Namun, terkadang tubuh dapat menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat.

Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Baca Juga: 5 Makanan dan 5 Herbal Perontok Asam Urat, Tak Perlu Beli Obat

Hubungan antara asam urat dan kolesterol

Melansir Live Strong, penelitian yang diterbitkan di International Journal of Cardiology pada 2008 menunjukkan, kadar asam urat tinggi bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL, trigliserida, dan lemak darah lainnya.

Selain itu, studi lain pada 2019 yang dirilis Lipids in Health and Disease juga menyebutkan, sebanyak 3.884 sukarelawan yang diteliti risikonya terkena asam urat tinggi naik dua kali lipat apabila memiliki kolesterol trigliserida di atas ambang batas normal.

Tak hanya itu, faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah juga sama dengan faktor risiko asam urat.

Dilansir dari Vascular Health Clinics, faktor risiko tersebut antara lain kolesterol tinggi, diabetes, tekanan darah tinggi, dan riwayat keluarga.

Mengingat penyakit asam urat dan kolesterol tinggi ini miliki hubungan yang erat, tak ada alasan penyintas untuk menyepelekan masalah ini.

Segera lakukan pengobatan untuk mengurangi masalah tersebut.

Daun salam untuk asam urat dan kolesterol

Daun salam jadi salah satu obat alami yang bisa mengatasi masalah asam urat dan kolesterol. Daun salam yang mengandung vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Flavonoid serta senyawa-senyawa lain.

Daun salam mengandung senyawa aktif kuersetin, miristin, dan mirisetin yang berperan untuk menurunkan kadar asam urat.

Penelitian membuktikan kalau daun salam bisa berefek pada panurunan kolesterol. Ini karena sifat daun salam sebagai antioksidan dan bisa mengendalikan kolesterol dalam darah.

Dalam sebuah penelitian, diketahui kalau ada penurunan kolesterol bagi mereka yang rutin mengonsumsi daun salam.

Senyawa polifenol dan antioksidan pada daun salam bisa menghambat aktivitas HMG-CoV reductase. Ini merupakan enzim yang mengendalikan jalur sintesis kolesterol.

Cara merebus daun salam untuk asam urat dan kolesterol

Cara merebus daun salam untuk asam urat dan kolesterol ini sangatlah mudah. Hanya dengan merebus tiga gelas air dengan 10 lembar daun salam.

Tunggu sampai mendidih dan airnya susut menjadi satu gelas kemudian konsumsi. Bisa bisa dikonsumsi untuk dua kali minum.

Cara menurunkan asam urat secara cepat dengan alami

Cara menurunkan asam urat secara cepat dengan alami dilakukan melalui dua tahap. Pertama, cara menurunkan asam urat dilakukan dengan konsumsi buah penurun asam urat.

Kedua, penderita harus menjauhi makanan penyebab asam urat. Hal ini untuk mencegah timbunan purin dalam tubuh.

Mengutip Kompas.com, sejumlah buah-buahan bermanfaat sebagai penurun asam urat tinggi secara alami. Berikut buah penurun asam urat secara alami yang bisa Anda coba:

1. Buah ceri

Buah penurun asam urat yang pertama adalah konsumsi buah ceri. Menurut Health Central, buah ceri dapat membantu menurunkan asam urat dalam tubuh.

Sebab, buah ini memiliki kandungan purin yang rendah. Penelitian telah menunjukkan bahwa ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

2. Buah pisang

Buah penurun asam urat yang kedua adalah konsumsi buah pisang. Menurut sejumlah penelitian, buah manis dan legit satu ini mengandung sedikit purin dan kaya vitamin C.

Penelitian dari Departemen Pertanian AS menunjukkan bahwa satu buah pisang mengandung 14,1 mg vitamin C dan memenuhi sekitar 16 persen dari kebutuhan harian seseorang. Kandungan vitamin C pada buah pisang ini bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko serangan asam urat berulang.

3. Buah jeruk

Buah penurun asam urat yang ketiga adalah konsumsi buah jeruk. Australian Menopause Centre menyatakan buah jeruk juga bisa membantu menurunkan asam urat dalam tubuh karena kaya akan vitamin C.

Vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mencegah kambuhnya asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya 1000mg vitamin C per hari dapat mengurangi kadar asam urat dan membantu meredakan asam urat.

Selain buah jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi jenis buah jeruk lain, seperti jeruk bali.

4. Apel

Buah penurun asam urat yang keempat adalah konsumsi buah apel. Menurut Live Strong, buah-buahan yang mengandung tingkat oksalat tinggi dapat menyebabkan batu ginjal, terutama jika Anda menderita asam urat.

Ahli diet menyarankan agar Anda mengonsumsi buah-buahn yang mengandung oksalat dalam jumlah rendah, yakni sekitar 5-10 mg per porsi. Berikut buah-buahan yang mengandung oksalat yang rendah, di antaranya: apel, aprikot segar atau kalengan, melon, anggur merah dan hijau, persik, nanas, dan semangka.

Makanan tinggi purin

Konsumsi makanan tinggi purin harus dibatasi untuk mencegah dan menurunkan asam urat. Makanan tinggi purin adalah penyebab utama penyakit asam urat.

Dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kadar normal kadar asam urat berbeda-beda tergantung dari jenis kelaminnya. Kadar asam urat normal untuk wanita berkisar 2,5-7,5 mg/dL. Sedangkan untuk kadar asam urat normal pada laki-laki berkisar 4,0-8,5 mg/dL.

Selain itu, untuk seseorang yang sering merasakan nyeri sendi, idealnya mereka harus memiliki kadar asam urat kurang dari 6,0 mg/dL. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah bisa menandakan jika fungsi ginjal tidak bekerja secara maksimal untuk menyaring asam urat yang ada di tubuh.

Penderita asam urat wajib menjauhi makanan tinggi purin agar tidak kambuh. Apa saja makanan tinggi purin?

Menjauhi makanan tinggi purin adalah syarat wajib untuk menyembuhkan penyakit ini. Tanpa menjauhi makanan tinggi purin, kadar asam urat dalam tubuh susah turun ke level normal.

Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa makanan tinggi purin. Berikut daftar makanan tinggi puri

1. Jeroan

Makanan tinggi purin yang pertama adalah jeroan. Hindari jeroan seperti hati, ginjal, dan paru, yang memiliki kadar purin tinggi dan berkontribusi terhadap kadar asam urat darah yang tinggi.

Baca Juga: Asam Urat Pergi Jauh, Ini Segudang Manfaat Terung Pipit untuk Kesehatan

2. Daging merah

Makanan tinggi purin yang kedua adalah daging merah. Daging merah juga memiliki kandungan purin tinggi, sehingga dalam mengonsumsinya harus tetap dibatasi. Beberapa jenis dagingnya seperti daging sapi, domba, kambing dan babi.

3. Makanan laut

Makanan tinggi purin yang ketiga adalah makanan laut. Beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, kerang, sarden, dan tuna memiliki kandungan purin yang lebih tinggi daripada beberapa jenis lainnya.

Tetapi memang manfaat kesehatan secara keseluruhan dari makan ikan mungkin lebih besar daripada risikonya bagi penderita asam urat. Ikan dalam porsi sedang bisa menjadi bagian dari diet asam urat.

4. Alkohol

Sedangkan minuman tinggi purin adalah alkohol. Bir dan minuman keras juga dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat dan serangan berulang.

Konsumsi anggur dalam jumlah sedang tampaknya tidak meningkatkan risiko serangan asam urat. Hindari alkohol selama mengalami asam urat.

5. Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman tinggi purin yang lainnya adalah makanan dan minuman manis. Batasi atau hindari makanan yang dimaniskan dengan gula seperti sereal manis, produk roti, dan permen. Selain itu batasi juga jumlah konsumsi jus buah manis alami.

Itulah cara merebus daun salam untuk menurunkan asam urat dan kolesterol serta cara lain merontokkan asam urat. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter sebelum menjalani cara menurunkan asam urat secara alami di atas.

Selanjutnya: 5 Buah yang Harus Dihindari Saat Akan Minum Obat, Bisa Berakibat Fatal

Menarik Dibaca: Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung, Bahaya Sinar UV Hari Ini Capai Level Ekstrem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×