kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rendah Purin, Ini 4 Camilan Sehat untuk Penderita Asam Urat


Kamis, 17 Agustus 2023 / 13:00 WIB
Rendah Purin, Ini 4 Camilan Sehat untuk Penderita Asam Urat
ILUSTRASI. Rendah Purin, Ini 4 Camilan Sehat untuk Penderita Asam Urat


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Penderita Asam Urat - JAKARTA. Simak beberapa camilan sehat untuk penderita asam urat. Pemilihan makanan menjadi solusi agar tetap penderita bisa konsumsi camilan di tengah diet purin sehari-hari.

Camilan untuk penderita asam urat yang rendah purin adalah makanan ringan yang memiliki kandungan purin yang rendah.

Asam urat merupakan zat dari pemecahan purin dalam tubuh, dan kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

Hal ini berakibat pada beberapa penyakit lain seperti nyeri sendi dan batu ginjal pada penderita asam urat.

Baca Juga: 9 Manfaat Telur Asin untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Anemia

Purin menjadi salah satu zat yang ditemukan dalam makanan dan bisa berkontribusi pada peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Oleh karena itu, bagi penderita asam urat, mengonsumsi makanan yang rendah purin dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat.

Ada beberapa rekomendasi camilan sehat untuk penderita asam urat yang bisa jadi rekomendasi menu diet purin.

Simak beberapa camilan sehat untuk penderita asam urat yang rendah purin dilansir dari Our Everyday Life.

Baca Juga: Ini 9 Cara Agar Tidur dengan Cepat dan Nyenyak, Salah Satunya Mandi Air Hangat

Camilan sehat untuk penderita asam urat

1. Yogurt rendah lemak

yogurt

Camilan susu rendah lemak, seperti yogurt, dapat membantu mengurangi risiko asam urat dilansir dari Mayo Clinic. Cobalah makan satu atau dua wadah yogurt berukuran 100 gram setiap hari untuk menurunkan kejadian asam urat.

Anda bisa memilih yogurt tawar karena yogurt rasa cenderung mengandung banyak gula tambahan. Meskipun tambahan gula mungkin tidak membuat asam urat semakin parah, namun hal itu menambah kalori ekstra.

Makanan tinggi lemak memang memperburuk asam urat, pastikan untuk memilih yogurt dan produk susu lainnya yang rendah lemak bahkan tidak mengandung lemak.

2. Biji-bijian

Jagung rebus

Makan segenggam biji-bijian favorit, seperti kacang polong atau kenari, sebagai cemilan asam urat. Kacang memberikan jumlah protein yang baik, tanpa kadar purin tinggi yang dimiliki daging.

Tidak seperti daging, biji-bijian dari jagung juga mengandung lemak sehat, seperti jenis tak jenuh tunggal dan poli.

Sebarkan beberapa sendok makan selai kacang atau selai kacang lainnya di atas kerupuk gandum atau sepotong roti bakar untuk camilan sederhana dan sehat.

3. Roti Sourdough dan Karbohidrat Lainnya

Roti sourdough

Makan karbohidrat dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan asam urat ekstra dilansir dari penelitian University of Pittsburgh Medical Center atau UPMC.

Laporan ungkap crackers dari gandum utuh sebagai camilan atau sepotong roti panggang gandum dan makan semangkuk sereal tanpa gula sebagai camilan.

Anda harus menargetkan setidaknya enam porsi karbohidrat kompleks setiap hari. Meskipun dapat memiliki sepotong roti tawar atau biji-bijian olahan, konsumsi karbohidrat berbasis biji-bijian dari biji-bijian utuh.

4. Buah dan Sayuran Segar

 Buah Apel

Selain itu, buah yang bisa dimakan sebagai camilan penderita asam urat adalah Tambahkan banyak buah dan sayuran ke dalam daftar makanan.

Anda bisa menikmati apel utuh sebagai camilan serta makan secangkir sayuran yang diiris, seperti wortel dan seledri, untuk mencegah rasa lapar di sore hari.  Selain itu, Anda bisa menambahkan saus atau saus untuk meningkatkan rasa, tetapi lakukan secukupnya.

Rekomendasi camilan dengan dressing tinggi lemak dan tidak dianjurkan untuk diet asam urat. Hal ini bertujuan untuk makan setidaknya dua porsi buah dan tiga porsi sayuran setiap hari.

Selain itu, ada pilihan buah lain seperti pisang, jeruk, atau apel berukuran sedang dihitung sebagai satu porsi buah, sedangkan secangkir sayuran mentah sama dengan satu porsi.

Itulah daftar makanan camilan sehat untuk penderita asam urat yang rendah purin serta mudah dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×