kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Makanan Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat


Rabu, 21 Juni 2023 / 09:57 WIB
Kenali 7 Makanan Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat
ILUSTRASI. Kenali 7 Makanan Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui makanan rendah purin untuk penderita asam urat. Pemilihan makanan untuk penderita batu ginjal dan asam urat perlu diperhatikan dengan baik termasuk makanan berpurin tinggi.

Purin merupakan senyawa kimia yang terdapat secara alami dalam beberapa makanan. Ketika tubuh mencerna purin, zat ini diubah menjadi asam urat. Secara umum, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui ginjal.

Namun, ketika kadar asam urat terlalu tinggi atau tubuh tidak dapat mengeluarkannya dengan efisien. Hal ini terjadi penumpukan asam urat yang berlebihan, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit asam urat atau batu ginjal.

Kristal asam urat dapat membentuk batu ginjal atau menyebabkan asam urat jika menumpuk di persendian dan tendon.

Baca Juga: Rekomendasi Kemenkes: Kolesterol dalam Darah Bisa Luruh dengan 5 Buah Segar Ini

Makanan rendah purin

Peningkatan kadar asam urat dapat terjadi karena faktor genetik, pola makan yang tidak sehat, obesitas, konsumsi alkohol yang berlebihan, dan beberapa kondisi medis tertentu.

Makanan yang mengandung purin tinggi dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Bahaya utama dari peningkatan kadar asam urat adalah terjadinya kondisi seperti:

  • Penyakit Asam Urat: Peningkatan kadar asam urat dapat menyebabkan terbentuknya kristal asam urat di persendian, yang menyebabkan peradangan dan nyeri yang parah. Ini dikenal sebagai penyakit asam urat atau gout.
  • Batu Ginjal:: Penumpukan asam urat yang berlebihan dalam ginjal dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Batu ginjal dapat menyebabkan nyeri hebat, infeksi saluran kemih, atau bahkan gangguan fungsi ginjal jika tidak diobati.

Untuk mengurangi risiko peningkatan kadar asam urat, disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah purin.

Diet rendah purin dapat menurunkan kadar asam urat dalam aliran darah. Ini dapat membantu mengurangi risiko pengembangan hiperurisemia dan kondisi terkaitnya.

Baca Juga: Obat Asam Urat Alami & Pantangannya, Cek Juga Obat Aasam Urat Di Apotik

Makanan rendah purin

Berikut adalah daftar makanan rendah purin yang mudah dijumpai dilansir dari Healthline.

1. Buah-buahan

Buah-buahan salah makanan rendah purin

Salah satu pemilihan makanan rendah purin adalah diet makanan pemicu tersebut. Beberapa buah-buahan umumnya rendah purin dan kaya akan serat serta antioksidan.

Contoh buah-buahan rendah purin termasuk apel, pisang, ceri, jeruk, mangga, semangka, dan anggur.

2. Sayuran

Sementara, mayoritas sayuran juga rendah purin dan kaya akan serat. Pilih sayuran hijau seperti bayam, brokoli, wortel, mentimun, kentang, tomat, paprika, dan seledri.

3. Sereal dan Roti

Roti salah makanan rendah purin

Pilih sereal gandum utuh, oatmeal, beras merah, dan roti gandum sebagai sumber karbohidrat yang rendah purin.

4. Susu dan Produk Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak, yogurt rendah lemak, dan keju rendah lemak atau tanpa lemak dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan protein.

Pastikan Anda juga mengetahui beberapa produk susu yang rendah laktosa untuk pemilihan makanan rendah purin.

5. Telur Omega 3

Telur Organik Omega, salah makanan rendah purin

Telur adalah sumber protein yang baik dan rendah purin. Pastikan pilih telur yang memiliki gizi terbaik seperti teluar omega-3 yang menjadi pemenuhan kebutuhan protein.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang polong, dan kedelai juga rendah purin dan kaya akan serat serta protein nabati. Pastikan Anda tidak memiliki berbagai jenis alergi pada kacang untuk menghindari penyakit lainnya.

7. Jenis Ikan tertentu

Salmon, salah makanan rendah purin

Beberapa jenis ikan laut, seperti salmon, trout, dan ikan cod, umumnya rendah purin dan kaya akan asam lemak omega-3. Kebutuhan akan protein tentu tetap menjadi pilihan sebagai langkah mengurangi kadar purin pada tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki toleransi purin yang berbeda, dan beberapa makanan rendah purin ini masih mengandung sedikit purin.

Apabila Anda memiliki masalah kesehatan terkait asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Anda juga bisa memulai diet purin sebagai langkah pencegahan penyakit terkait tersebut. 

Menurut Mayo Clinic, diet purin bagus untuk siapa saja yang membutuhkan bantuan dalam mengatasi asam urat atau batu ginjal. Ini juga mendorong makan makanan seperti buah dan sayuran daripada daging berminyak.

Jadi, diet rendah purin bisa membantu meski tidak memiliki kelainan dan hanya ingin makan lebih sehat.

Penelitian juga mengungkap 4.500 orang menunjukkan bahwa mengikuti diet purin dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena asam urat tinggi. Ini mungkin karena sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang ada dalam jenis diet ini.

Demikian beberapa opsi makanan rendah purin yang cocok untuk penderita asam urat sebagai langkah diet mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×