kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh, Ada 8 Hal


Senin, 26 Februari 2024 / 12:35 WIB
Catat Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh, Ada 8 Hal
ILUSTRASI. Kacang almond dan mede


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kacang Almond - Banyak manfaat kacang almond bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Selain itu, kacang almond juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dikonsumsi.

Melansir dari PharmEasy, Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh American Dietetic Association, mengonsumsi almond terbukti meningkatkan kadar Vitamin E dalam sel darah merah dan juga mengurangi risiko terkena kolesterol. Dengan meningkatkan kadar vitamin E dalam aliran darah Anda, antioksidan terbentuk yang mencegah sel-sel Anda menyumbat kolesterol yang berkembang.

Kacang almond, yang merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang paling populer di dunia, tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Pepaya? Ada 7 Hal yang Menarik Diketahui

Dikenal dengan cita rasa gurih dan tekstur yang renyah, kacang almond juga menjadi pilihan camilan yang populer dan juga bahan utama dalam berbagai hidangan. Selain itu, kacang almond juga dikenal karena manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Berikut adalah beberapa manfaat kacang almond bagi kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Nutrisi

Kacang almond mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, protein, vitamin E, magnesium, dan lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Maret 2024, Apa Saja?

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang almond mengandung lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal, yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), sehingga membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun kacang almond memiliki kandungan lemak yang tinggi, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang almond secara teratur dapat membantu dalam program penurunan berat badan. Kandungan serat, protein, dan lemak sehat dalam kacang almond dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan.

4. Mendukung Kesehatan Otak

Kacang almond mengandung vitamin E, antioksidan yang penting untuk kesehatan otak. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penurunan fungsi kognitif.

Baca Juga: Simak Perbedaan Angin Puting Beliung, Tornado dan Siklon, Ini Penjelasan BMKG

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang almond merupakan sumber yang kaya akan magnesium, fosfor, dan kalsium, mineral-mineral yang esensial untuk kesehatan tulang. Konsumsi kacang almond secara teratur dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

6. Menyokong Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E dan antioksidan lainnya dalam kacang almond dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV, serta membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga memberikan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kacang almond mengandung vitamin E dan antioksidan lutein, yang penting untuk kesehatan mata. Antioksidan ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

Baca Juga: 6 Penyebab Demam Berdarah Selain Nyamuk, Apa Saja?

8. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Kacang almond kaya akan serat, yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mempromosikan gerakan usus yang teratur, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang ditawarkannya, kacang almond dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari sebagai camilan sehat atau tambahan dalam berbagai hidangan. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, penting untuk mengonsumsinya dengan porsi yang sesuai agar mendapatkan manfaat optimal dan tetap menjaga keseimbangan nutrisi dalam diet secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×