kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Manfaat Buah Pepaya? Ada 7 Hal yang Menarik Diketahui


Jumat, 23 Februari 2024 / 15:53 WIB
Apa Manfaat Buah Pepaya? Ada 7 Hal yang Menarik Diketahui
ILUSTRASI. Pepaya


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Pepaya - Tahukah anda bahwa mengkonsumsi buah pepaya secara rutin bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat buah pepaya bagi kesehatan?

Buah pepaya adalah salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi. Selain itu buah pepaya juga memiliki rasa yang tergolong enak untuk dikonsumsi.

Tidak hanya itu, buah pepaya juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.

Baca Juga: 6 Penyebab Demam Berdarah Selain Nyamuk, Apa Saja?

Melansir WebMD buah pepaya memiliki banyak manfaat, termasuk perlindungan terhadap penyakit jantung, mengurangi peradangan, membantu pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu berikut adalah beberapa manfaat utama dari buah pepaya:

Kaya akan Nutrisi

Pepaya mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, pepaya juga mengandung serat, folat, potasium, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi Pada Kaki, Coba 5 Buah-Buahan Ini untuk Mengatasinya

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Enzim papain yang terdapat dalam pepaya dapat membantu memecah protein, sehingga memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit. Serat dalam pepaya juga membantu dalam proses pencernaan yang sehat.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pepaya mengandung antioksidan seperti beta-karoten, lutein, dan likopen yang dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan potasium dalam pepaya juga dapat membantu menjaga tekanan darah dalam rentang normal.

Baca Juga: Prediksi AC Milan vs Atalanta (26/2) dan Jadwal Liga Italia Serie A Pekan 26

Mendukung Kesehatan KulitĀ 

Vitamin C dan vitamin E dalam pepaya membantu menjaga kesehatan kulit dengan melawan kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang produksi kolagen, yang penting untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan lutein dalam pepaya dapat membantu menjaga kesehatan mata. Lutein khususnya dikenal dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia.

Baca Juga: Prediksi Borussia Dortmund vs Hoffenheim dan Jadwal Bundesliga Pekan 23

Mengurangi Risiko Kanker

Antioksidan dalam pepaya dapat membantu melawan kerusakan sel yang dapat menyebabkan perkembangan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pepaya secara teratur dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar dan kanker payudara.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam pepaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Itulah beberapa manfaat utama dari buah pepaya untuk kesehatan tubuh. Namun, seperti halnya dengan makanan atau minuman lainnya, konsumsi pepaya haruslah seimbang dan tidak berlebihan untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×