kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,64   8,28   0.89%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi Pada Kaki, Coba 5 Buah-Buahan Ini untuk Mengatasinya


Jumat, 23 Februari 2024 / 09:35 WIB
Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi Pada Kaki, Coba 5 Buah-Buahan Ini untuk Mengatasinya
ILUSTRASI. Kolesterol tinggi


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Tanda-tanda kolesterol tinggi pada kaki adalah salah satu hal penting diketahui. Pasalnya, tidak sedikit orang kerap luput mengetahui tanda-tanda kolesterol. Padahal, kolesterol tinggi sangat berbahaya dan berisiko menimbulkan penyakit lain.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang bisa mempengaruhi aliran darah ke berbagai bagian tubuh, termasuk kaki. 

Melansir dari laman Mayo Clinic, dengan kolesterol tinggi, Anda bisa mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah Anda. Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga menyulitkan aliran darah yang cukup melalui arteri Anda. 

Baca Juga: Prediksi AC Milan vs Atalanta (26/2) dan Jadwal Liga Italia Serie A Pekan 26

Terkadang, endapan tersebut bisa pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Tanda-tanda kolesterol tinggi pada kaki bisa bervariasi tergantung pada seberapa parah penyumbatan arteri yang terjadi. Beberapa tanda yang mungkin muncul adalah:

Nyeri ketika berjalan

Salah satu tanda yang paling umum dari penyakit arteri perifer adalah nyeri atau kram saat berjalan atau bergerak. Ini disebut claudication, dan biasanya terjadi karena aliran darah yang terbatas ke kaki.

Baca Juga: Prediksi Borussia Dortmund vs Hoffenheim dan Jadwal Bundesliga Pekan 23

Suhu kaki yang berbeda

Penderita kolesterol tinggi dan masalah aliran darah seringkali mengalami perbedaan suhu antara kaki yang terpengaruh dengan kaki yang sehat. Kaki yang terpengaruh bisa terasa lebih dingin.

Perubahan warna kulit

Kaki yang terkena masalah aliran darah akibat kolesterol tinggi bisa mengalami perubahan warna, seperti menjadi lebih pucat atau kemerahan.

Baca Juga: Prediksi Arsenal vs Newcastle (25/2) Simak Jadwal Liga Inggris Pekan 26

Luka atau ulkus yang sulit sembuh

Penyumbatan arteri bisa membuat luka atau ulkus pada kaki yang sulit sembuh. Kurangnya pasokan darah yang cukup dapat menghambat proses penyembuhan.

Rambut kaki yang berkurang

Kadar kolesterol yang tinggi juga bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut di kaki, sehingga terlihat berkurang.

Kelemahan atau kesemutan

Pada kondisi yang parah, kelemahan atau kesemutan di kaki juga bisa muncul karena kurangnya aliran darah yang memadai. 

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Mereka dapat melakukan pemeriksaan dan mengevaluasi risiko kesehatan Anda serta memberikan saran dan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Prediksi Almeria vs Atletico Madrid dan Jadwal La Liga Spanyol Pekan 25

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat diturunkan, namun seringkali disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang tidak sehat, sehingga dapat dicegah dan diobati. Pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan terkadang pengobatan dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan, ada beberapa buah-buahan yang cocok dikonsumsi serta bisa menurunkan dan mengatasi kolesterol tinggi di antaranya seperti alpukat, tomat, jeruk nipis, semangka, dan apel.

Selanjutnya: 2 Cara Menyeduh Daun Sirsak untuk Jaga Kesehatan & Pengobatan

Menarik Dibaca: IHSG DIproyeksi Ménguat, KB Valbury Bagikan Rekomendasi Saham untuk 23 Februari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×