kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Pare untuk Kolesterol, Makanlah Jika Ada Tanda Kolesterol Tinggi Di Usia Muda


Selasa, 05 September 2023 / 14:39 WIB
Manfaat Pare untuk Kolesterol, Makanlah Jika Ada Tanda Kolesterol Tinggi Di Usia Muda
ILUSTRASI. Manfaat Pare untuk Kolesterol, Makanlah Jika Ada Tanda Kolesterol Tinggi Di Usia Muda


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi - JAKARTA. Tahukah Anda bahwa pare punya manfaat bagus untuk kolesterol. Selain mengenali manfaat pare untuk kolesterol, cermati juga tanda-tanda kolesterol tinggi sejak usia muda.

Dilansir dari Kompas.com, pare atau peria (Momordica charantia) adalah tanaman merambat tropis yang termasuk dalam keluarga labu dan berkerabat dekat dengan zucchini dan mentimun. Tanaman ini dibudidayakan di seluruh dunia karena buahnya yang dapat dikonsumsi, dan dianggap sebagai makanan pokok dalam banyak jenis masakan di Asia.

Pare memiliki rasa yang tajam dan pahit. Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, buah ini telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan.

Pare kaya akan vitamin A dan C serta nutrisi lainnya. Pare juga mengandung senyawa yang mungkin memiliki manfaat kesehatan.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Berapa Standar Normal Kolesterol Wanita & Pria?

Dikutip dari laman PharmEasy, buah pare memiliki sejumlah potensi manfaat sebagai berikut:

  • Bersifat antioksidan
  • Menurunkan kolesterol
  • Baik untuk penderita diabetes
  • Melawan pertumbuhan sel kanker
  • Menyembuhkan luka
  • Obat herbal untuk malaria.

Kandungan nutrisi buah pare

Pare adalah tambahan makanan rendah kalori dan tinggi serat untuk diet Anda, ia juga kaya akan nutrisi dan antioksidan. Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), pare adalah sumber yang baik untuk kalsium, magnesium, kalium, zat besi, dan zinc.

Nutrisi-nutrisi tersebut penting untuk membantu menjaga kesehatan gigi, tulang, sel darah, serta mendukung fungsi otak, otot, saraf dan sistem kekebalan tubuh.

Pare juga kaya akan vitamin C, yang tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga bagus untuk kulit dan tulang Anda. Kandungan vitamin A dalam pare juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan kesehatan reproduksi Anda.

Selain itu, pare adalah sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat yang baik. Mereka adalah senyawa antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan.

Manfaat pare untuk menurunkan

Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak lemak di arteri, memaksa jantung bekerja lebih keras memompa darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, beberapa penelitian laboratorium telah menyoroti potensi pare untuk menurunkan kadar kolesterol tidak sehat. Para peneliti menggunakan ekstrak pare dalam jumlah besar untuk menurunkan kadar kolesterol pada model non-manusia.

Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah hasilnya bisa sesuai dengan penelitian pada manusia.

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman Healthline, beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa pare dapat menurunkan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Sebuah penelitian pada manusia juga menemukan bahwa pemberian ekstrak pare yang larut dalam air menyebabkan penurunan kadar LDL atau kolesterol “jahat” yang signifikan. Penelitian tambahan diperlukan untuk menentukan efek positif yang konsisten pada manusia yang mengonsumsi pare sebagai bagian dari diet seimbang.

Tanda-tanda kolesterol tinggi

Tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda penting untuk dipahami. Pasalnya, banyak anak muda yang memiliki kolesterol tinggi akibat pola makan tidak sehat.

Mengenali tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda bagus untuk mendapatkan pengobatan sejak dini. Jika dibiarkan, kolesterol akan terus menumpuk sehingga bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti jantung.

Dilansir dari Kompas.com, kolesterol tinggi adalah kondisi saat kolesterol atau zat lilin seperti lemak dalam darah melampaui batas normal, yaitu sekitar 200 mg/dL. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menuliskan, total kolesterol normal adalah sekitar 150 mg/dL, dengan rincian:

  • Kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat: sekitar 100 mg/dL
  • Kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik: setidaknya 40 mg/dL pada pria dan 50 mg/dL pada wanita
  • Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL.

Saat kolesterol tinggi, umumnya tidak menimbulkan gejala apa pun bagi kebanyakan orang. tanda-tanda kolesterol biasanya baru mulai dirasakan saat kadar kolesterol tinggi telah menyebabkan masalah atau gangguan lain di dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan secara rutin untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah.

Lantas, apa saja tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda?

tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda

Seiring waktu, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di dalam pembuluh darah yang disebut sebagai aterosklerosis. Imbasnya, rongga pembuluh darah menjadi lebih sempit, sehingga aliran darah menjadi terhambat.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, orang dengan aterosklerosis berisiko lebih tinggi terkena berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke. Sayangnya, seperti menurut Kementerian Kesehatan, ciri kolesterol tinggi baru dirasakan saat plak sudah terbentuk di dalam pembuluh darah.

tanda-tanda kolesterol di usia muda antara lain:

1. Mudah mengantuk

Tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda yang pertama adalah mudah mengantuk. Seringnya menguap terjadi akibat pasokan oksigen ke otak berkurang. Apabila frekuensi menguap sudah tidak wajar, maka patut curiga sebagai tanda kolesterol tinggi. Sebab, menguap bisa dipicu menumpuknya kolesterol dalam pembuluh darah, sehingga pasokan oksigen menuju otak menjadi tidak optimal.

2. Kesemutan

Tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda yang kedua adalah sering kesemutan. Kerap merasakan kesemutan pada kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu merupakan salah satu gejala aliran darah tidak lancar. Kesemutan pertanda ada syaraf yang tidak mendapatkan darah secara optimal. Adapun penyebab tidak lancarnya aliran darah, salah satunya karena tumpukan plak.

3. Tengkuk atau pundak pegal

Tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda yang ketiga adalah tengkuk atau pundak pegal. Salah satu penyebab pegal pada bagian tubuh ini adalah kurangnya suplai oksigen. Kekurangan oksigen sendiri dapat terjadi akibat penumpukan kolesterol. Baca juga: Berbeda-beda, Ini Kadar Kolesterol dalam Setiap Bagian Daging Ayam

4. Nyeri di kaki

Tanda-tanda kolesterol tingi di usia muda yang keempat adalah nyeri di kaki. Kondisi ini dikarenakan tersumbatnya aliran di pembuluh darah, sehingga aliran darah ke kaki menjadi terhambat. Nyeri kaki bisa menjadi gejala kolesterol tinggi.

5. Dada terasa nyeri

Tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda yang kelima adalah dada terasa nyeri. Kondisi ini terjadi karena adanya plak di dinding arteri atau pembuluh darah, sehingga jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup untuk melakukan tugasnya.

6.  Disfungsi ereksi

Tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda yang keenam adalah mengalami disfungsi ereksi. Plak yang terbentuk akibat kolesterol tinggi bukan hanya menyebabkan nyeri, tetap juga disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi merupakan kondisi saat pria tidak bisa mempertahankan cukup ereksi untuk melakukan hubungan seksual. Adapun kondisi ini, dapat terjadi akibat aliran darah menuju penis terhambat oleh plak kolesterol.

7. Xanthelasma

Tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda yang ketujuh adalah mengalami xanthelasma. Xanthelasma adalah penyakit yang ditandai dengan plak berwarna kekuningan di sudut bagian kelopak atas mata. Plak kekuningan ini muncul berkat penumpukan kolesterol yang terdapat di bawah kulit.

8. Xanthoma

Tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda yang kedelapan adalah menderita Xanthoma. Xanthoma adalah kelainan kulit yang ditandai dengan munculnya tumpukan atau gumpalan lemak, seperti benjolan-benjolan kecil pada kulit. Muncul karena adanya plak kolesterol, kondisi ini terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering di persendian, khususnya lutut dan siku.

Itulah berbagai manfaat pare untuk kolesterol serta tanda-tanda kolesterol tinggi di usia muda. Rajinlah makan pare untuk mencegah kolesterol tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×