kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 1,05%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya, Penting Dikenali Sejak Usia Muda


Kamis, 03 Agustus 2023 / 05:05 WIB
Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya, Penting Dikenali Sejak Usia Muda


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya - JAKARTA. Simak tanda-tanda kolesterol tinggi dan cara mengatasinya. Tidak hanya orang tua, anak muda penting mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi dan cara mengatasinya.

Tanda-tanda kolesterol tinggi dan cara mengatasinya penting dipahami sejak usia muda. Pasalnya, saat ini sudah banyak anak muda yang terkena kolesterol akibat pola makan tidak sehat.

Mengenali tanda-tanda kolesterol tinggi di leher, kaki, mata dll penting untuk membantu pengobatan. Semakin cepat kolesterol tinggi diobati, semakin mudah diturunkan sehingga mengurangi risiko penyakit berbahaya.

Seperti diketahui terlalu banyak kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah seseorang. Hal itu membuat seseorang lebih berisiko terkena masalah jantung atau stroke. 

Lalu, apa saja tanda-tanda kolesterol tinggi di leher, kaki, mata dll?

Dikutip dari Kompas.com, ada 9 tanda-tanda kolesterol tinggi di dalam tubuhnya. tanda-tanda kolesterol tinggi bisa dilihat di leher, kaki, mata dll.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi dan Gejalanya, Cek Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

Berikut tanda-tanda kolesterol tinggi di leher, mata, kaki dll:

1. Pegal pada tengkuk leher

Tanda-tanda kolesterol tinggi di leher adalah pegal pada tengkuk. Kondisi ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher menuju ke otak. 

2. Xanthomata 

Tanda-tanda lain dari kolesterol tinggi, yakni xanthomata atau penumpukan kolesterol yang terlihat dalam jaringan tubuh terutama di kulit dan urat. 
Seseorang yang mengalami xanthomata biasanya mengalami pembengkakan berbentuk bulat dan berwarna kekuningan. 

3. Nyeri di dada 

Tingginya kadar kolesterol berakibat memunculkan penumpukan plak pada pembuluh darah. Akibatnya, seseorang dengan kolesterol tinggi bisa mengalami gejala nyeri dada. 

Kondisi ini yang menjadi awal mula terjadinya sakit jantung atau serangan jantung sebagai komplikasi dari kolesterol tinggi.  

4. Xanthelasma 

Tanda-tanda kolesterol tinggi di mata adalah adanya xanthelasma. Xanthelasma adalah muncul bercak kuning di bawah kelopak mata. 

5. Mudah lelah 

Selanjutnya, tanda-tanda seseorang mengalami kolesterol tinggi yang umum terjadi adalah badan mudah lelah. Hal ini dipicu karena munculnya plak di pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi, sehingga berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh dan menyebabkan kelelahan. 

6. Sering mengantuk 

Mengantuk juga salah satu dampak tidak langsung dari kolesterol tinggi dan adanya sumbatan pada pembuluh darah. Kondisi ini dikaitkan dengan kurangnya asupan aliran darah yang membawa oksigen ke otak.  

7. Perubahan warna kulit dan kuku 

Tanda-tanda kolesterol tinggi lainnya adlaah perubahan warna kulit dan kuku. Berkurangnya aliran darah menuju lengan dan kaki akibat penumpukan kolesterol bisa mengubah warna kulit pada kaki dan kuku. 

Perubahan warna ini terjadi karena sel-sel pada lengan dan kaki tidak mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup dari darah. 

8. Luka yang sulit sembuh 

Luka di bagian lengan dan kaki yang sulit sembuh juga dapat menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi. 

Hal tersebut lantaran aliran darah menuju lengan dan kaki yang terganggu sehingga jaringan tersebut kekurangan oksigen dan nutrisi. Umumnya, luka akan berubah warna menjadi kecoklatan dan kehitaman. 

9. Nyeri kaki 

Nyeri kaki juga termasuk salah satu tanda-tanda kolesterol tinggi di kaki. Penyebabnya, yakni rasa lelah dan penumpukkan plak kolesterol yang ada pada pembuluh darah arteri di kaki.  Hal ini menyebabkan aliran darah terhambat dan muncul rasa sakit atau nyeri pada bagian kaki. Kondisi ini juga bisa terjadi pada tangan.

Cara mengatasi kolesterol tinggi

Jika mengalami tanda-tanda kolesterol tinggi, segeralah menghubungi dokter. Dokter akan memberikan resep obat untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Selain obat dokter, cara mengatasi kolesterol tinggi dapat dilakukan secara alami. Dalam artikel kesehatan di website resmi Cito Clinical Laboratoty, ada 7 cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami.

Berikut cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami:

1. Konsumsi Makanan Penurun Kolesterol

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang pertama adalah konsumsi makanan penurun kolesterol. Pilih makanan dengan kaya serat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan. Hindari makanan tinggi lemak jenuh dan trans seperti makanan olahan, makanan cepat saji, dan daging merah berlemak. Konsumsilah lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam alpukat, ikan berlemak, dan minyak zaitun.

2. Olahraga Teratur

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang kedua adalah olahraga rutin. Aktivitas fisik teratur dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Lakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang hingga keras setiap minggu, seperti berjalan cepat, berlari, bersepeda, atau berenang.

3. Kurangi Konsumsi Gula

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang ketiga adalah mengurangi asupan gula. Terlalu banyak konsumsi gula dapat meningkatkan kadar trigliserida, yang dapat mempengaruhi kolesterol. Batasi asupan gula tambahan dalam makanan dan minuman seperti soda,  minuman energi, minuman olahraga, atau jus buah kemasan, pilihlah makanan dengan gula alami seperti buah-buahan.

4. Hindari Merokok

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang keempat adalah berhenti merokok. Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan peningkatan kolesterol jahat (LDL). Jika Anda merokok, berhenti segera dan jika Anda bukan perokok, hindarilah paparan asap rokok secara pasif.

5. Kurangi Konsumsi Alkohol

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang kelima adalah kurangi minum alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Menurut informasi yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), tidak ada jumlah alkohol yang dianggap aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, disarankan agar segera menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol.

6. Kelola Stres

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang keenam adalah kendalikan stres. Lakukan beberapa hal untuk mengelola stres anda seperti meditasi, menyempatkan waktu untuk melakukan hobi yang anda senangi, seperti mendengarkan musik dan memasak, serta bersosialisasi dengan teman dan keluarga untuk bisa mendapatkan dukungan sosial yang emosional untuk diri anda.

7. Suplemen Tambahan Penurun Kolesterol

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yang ketujuh adalah konsumsi suplemen tambahan penurun kolesterol. Suplemen alami seperti beras merah, bawang putih, dan probiotik telah dikaitkan dengan penurunan kolesterol. Namun, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen tambahan.

Makanan penyebab kolesterol tinggi

Selain menjalankan cara mengatasi kolesterol tinggi di atas, Anda juga perlu menjauhi makanan penyebab kolesterol tinggi. Dilansir dari Kompas.com, berikut makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari:

1. Makanan dengan gula tambahan

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari pertama adalah makanan dengan tambahan gula. Makanan tinggi gula apalagi dengan gula tambahan seperti sirup jagung atau fruktosa dikaitkan dengan kadar kolesterol baik (HDL) yang rendah.

American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi gula tambahan tidak lebih dari 100 kalori (6 sendok teh) per hari untuk wanita, dan 150 kalori (9 sendok teh) pada pria.

2. Mashed potato

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari kedua adalah mashed potato. Pada hidangan ini, sebetulnya bukan kentang yang menjad penyebab kolesterol tinggi. Tetapi beberapa kandungan lain seperti butter atau mentega, krim, susu hingga krim keju yang digunakan.

Konsultan nutrisi Marisa Moore, RD, yang berbasis di Atlanta, bahan pembuat mashed potato bisa menambah kadar lemak jenuh sehingga penderita kolesterol perlu berhati-hati saat mengonsumsinya. Kata Marisa, akan lebih baik jika kita mengonsumsi kentang panggang yang ditaburi bumbu rempah atau saus salsa.

3. Pizza

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari ketiga adalah pizza. Tidak banyak yang menyadari bahwa pizza juga termasuk makanan yang bisa memicu kolesterol tinggi. Makanan ini biasanya dibuat dengan sejumlah lemak tambahan seperti topping keju, mayones, taburan daging, topping daging olahan, hingga beberapa jenis saus yang tinggi garam.

4. Minyak kelapa

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari keempat adalah minyak kelapa. Kelapa, minyak kelapa, minyak sawit hingga cocoa butter adalah jenis makanan nabati yang mengandung lemak jenuh.

Penderita kolesterol perlu berhati-hati sebelum mengonsumsi jenis minyak yang satu ini dengan membaca label pada kemasan. Setidaknya cara ini bisa membuat penderita kolesterol mengetahui dosis dari lemak jenuh yang terkandung pada produk minyak kelapa.

5. Kue kering

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari kelima adalah kue kering. Berbagai kue kering seperti pie, cookies, kue dengan topping atau isian custart, hingga kue-kue isi dan topping keju juga termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Sejumlah makanan tersebut biasanya dibuat dengan campuran tepung, mentega, butter, krim, keju dan susu yang dikenal akan kandungan lemak jenuhnya. Kata Moore, camilan ini sering tidak disadari yang faktanya bisa meningkatkan kadar kolesterol jika dikonsumsi berlebihan.

6. Popcorn

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang jarang disadari keenam adalah popcorn. Mirip seperti kue kering, popcorn juga dibuat dengan cara dipanaskan dengan mentega dalam jumlah banyak, taburan garam hingga tambahan butter sebagai penambah rasa.

Popcorn sudah sebaiknya dihindari penderita kolesterol atau batasi jumlah konsumsinya agar tidak memicu kenaikan kadar kolesterol.

Itulah tanda-tanda kolesterol tinggi di leher, kaki, mata dan cara mengatasinya. Segera hubungi dokter jika kolesterol tak kunjung turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×