kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ramuan Penurun Kolesterol, Perlu Diminum Jika Ada Tanda Kolesterol Tinggi Di Kuku


Sabtu, 04 Februari 2023 / 05:05 WIB
Ramuan Penurun Kolesterol, Perlu Diminum Jika Ada Tanda Kolesterol Tinggi Di Kuku


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak ramuan tradisional penurun kolesterol tinggi. Ramuan tradisional bisa menjadi obat alternatif jika ada tanda-tanda kolesterol tinggi.

Obat kolesterol ada berbagai macam. Banyak apotik yang menjual obat kolesterol. Untuk alternatif, Anda bisa minum ramuan tradisional penurun kolesterol tinggi.

Cara membuat ramuan penurun kolesterol hanya menggunakan bahan-bahan rumahan. Bumbu dapur juga bisa menjadi bahan untuk membuat ramuan tradisional guna menurunkan kolesterol.

Dilansir dari website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, berikut beberapa ramuan penurun kolesterol tinggi serta cara membuatnya:

1. Jamur Lingzhi

Ramuan penurun kolesterol tinggi yang pertama adalah berbahan jamur lingzhi. Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol adalah siapkan 10 gram jamur lingzhi.

Lalu jamur lingzhi dipotong-otong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kolesterol Di Usia Muda Berdasarkan Kuku, Cek Ramuan Penurun Kolesterol

2. Daun asam

Ramuan penurun kolesterol tinggi yang kedua adalah menggunakan daun asam. Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini menggunakan 12 gram daun asam segar.

Pertama-tama, daun asam dicuci bersih, lalu didihkan dengan air 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, air disaring lalu diminum sekaligus. Minum ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol 2x sehari.

3. Temulawak

Ramuan penurun kolesterol tinggi yang ketiga adalah menggunakan temulawak. Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini menggunakan 3 jari rimpang temulawak segar.

Tahap awal, rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu diparut, tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang, airnya diminum. Minumlah ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol secara rutin setiap hari.

4. Seledri

Ramuan penurun kolesterol tinggi yang keempat adalah berbahan seledri. Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini dengan menyiapkan 30 gram akar seledri segar.

Caranya, akar seledri dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, minum sekaligus.

5. Daun sirih

Ramuan penurun kolesterol tinggi yang kelima adalah dengan daun sirih. Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini dengan menyiapkan 15 lembar daun sirih segar.

Pertama, daun dicuci bersih, lali direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Minum ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol ini setiap hari.

Tanda kolesterol tinggi di kuku kaki dan tangan

Tanda kolesterol di usia muda penting di ketahui. Di tengah serbuan makanan cepat saji yang digoreng, banyak usia muda yang mengalami kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda kolesterol di usia muda. Semakin cepat mengetahui tanda kolesterol di usia muda, semakin mudah untuk mengembalikan ke level normal.

Lalu apa saja tanda kolesterol di usia muda?

Dilansir dari Kompas.com, Direktur Medis di Olio Lusso, Monika Wassermann mengatakan, tanda kolesterol tinggi di usia muda bisa ditandai melalui kuku Anda. Kepada Express, Monika mengungkapkan bahwa kadar kolesterol tinggi bakal menyebabkan penyumbatan arteri. "Ini masalahnya, kolesterol tinggi disimpan di arteri sehingga membentuk plak," ujarnya.

Monika menambahkan, plak inilah yang membuat arteri menyempit dengan endapan besar yang menyumbat sepenuhnya. Salah satu tanda bahwa arteri Anda mengalami penyumbatan bisa dilihat dari kuku.

Baca Juga: Apa Itu Kolesterol Tinggi? Simak Penyebab Kolesterol Melonjak dan Cara Mencegahnya

Berikut tanda kolesterol tinggi di usia muda yang muncul di kuku:

1. Kuku muncul garis gelap

Tanda kolesterol di usia muda berdasarkan kondisi kuku yang pertama adalah muncul garis gelap di kuku. Penyumbatan arteri karena kolesterol jahat bisa ditandai dengan munculnya garis-garis gelap di bagian bawah kuku. "Meskipun kolesterol tinggi disebut sebagai silent condition, garis-garis gelap di bawah kuku Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mengenalinya," terang Monika.

Tanda tersebut sering disebut sebagai pendarahan serpihan. Garis tipis di bawah kuku itu bisa berwarna merah hingga coklat kemerahan.

2. Kuku menguning

Tanda kolesterol di usia muda berdasarkan kondisi kuku yang kedua adalah kuku menguning. Ketika arteri tersumbat, siklus aliran darah ke seluruh tubuh tidak akan optimal, termasuk peredaran darah di kuku.

Dilansir dari Healthshots, hal tersebut bisa menyebabkan perubahan warna kuku. Bahkan, perubahan warna itu juga terjadi pada kuku yang baru tumbuh.

3. Kuku menjadi rapuh

Tanda kolesterol di usia muda berdasarkan kondisi kuku yang ketiga adalah kuku menjadi rapuh. Menurut NHS dan Express, gejala kolesterol tunggi juga bisa ditandai dengan kuku yang mudah rapuh.

Kuku rapuh adalah salah satu tanda peringatan yang terkait dengan kondisi yang disebut penyakit arteri perifer (PAD). Kendati demikian, tanda gejala ini membutuhkan waktu lama untuk berkembang.

Selain pemeriksaan fisik, Seseorang mungkin membutuhkan tes laboratorium, seperti cek darah untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

tanda kolesterol di usia muda dan tua lainnya

Selain melalui kuku, tanda kolesterol tinggi di usia muda maupun tua juga bisa dilihat dari kaki, mata, hingga lengan. Dikutip dari Hindustan Times, kolesterol tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan kaki terasa sakit, kram, nyeri hingga mati rasa.

Tanda kolesterol tinggi di usia muda maupun tua itu bisa saja menjalar hingga ke bokong, pinggul, paha, betis, dan telapak kaki. Di mata, tanda kolesterol tinggi di usia muda maupun tua bisa dilihat dari munculnya xanthelasma, yaitu timbunan lemak berwarna kekuningan di kelopak mata.

Di samping itu, kolesterol tinggi juga ditandai dengan munculnya benjolan kecil di papila (permukaan lidah). Benjolan ini bisa membesar dan berubah warna.

Meskipun beberapa gejala kemungkinan bisa menunjukkan tingginya kolesterol dalam tubuh, cara terbaik untuk mengetahui tanda kolesterol tinggi adalah dengan melakukan tes darah. Anda bisa mengunjungi layanan medis untuk melakukan tes darah dan mendapatkan tindakan terbaik untuk mengendalikan kolesterol.

Itulah beberapa tanda kolesterol tinggi di usia muda dan ramuan penurun kolesterol tinggi beserta cara membuatnya. Kombinasikan ramuan tradisional tersebut dengan cara lain menurunkan kolesterol secara alami agar lebih terasa khasiatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×