kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Penyebab Demam Berdarah Selain Nyamuk, Apa Saja?


Jumat, 23 Februari 2024 / 10:45 WIB
6 Penyebab Demam Berdarah Selain Nyamuk, Apa Saja?
ILUSTRASI. Demam Berdarah


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak penyebab demam berdarah selain nyamuk yang masih luput dari perhatian. Padahal, demam berdarah termasuk salah satu penyakit yang perlu diwaspadai.

Demam berdarah juga bisa menyerang siapapun baik anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui penyebab demam berdarah.

Melansir dari lama Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh adanya gigitan nyamuk aedes Aegypti.

Baca Juga: Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi Pada Kaki, Coba 5 Buah-Buahan Ini untuk Mengatasinya

Umumnya penyakit demam berdarah ini banyak diderita saat memasuki musim hujan. Hal tersebut dikarenakan banyak genangang air yang bisa mempermudah nyamuk aedes berkembangbiak dengan mudah.

Meski, demam berdarah, atau dengue, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. 

Namun, terdapat beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebab demam berdarah selain nyamuk:

Faktor Lingkungan

Lingkungan yang tidak bersih dan memiliki genangan air dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes, yang merupakan vektor penular utama virus dengue. Tempat-tempat seperti genangan air di dalam rumah, kolam-kolam yang tidak terawat, atau sampah-sampah yang memungkinkan air menggenang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

Baca Juga: Prediksi Borussia Dortmund vs Hoffenheim dan Jadwal Bundesliga Pekan 23

Perjalanan ke Daerah Endemis

Bepergian atau tinggal di daerah yang endemis terhadap demam berdarah meningkatkan risiko seseorang terinfeksi virus dengue.

Kontak dengan Darah yang Terinfeksi

Kontak dengan darah yang terinfeksi oleh virus dengue juga dapat menyebabkan penularan penyakit ini. Misalnya, melalui transfusi darah dari donor yang terinfeksi virus dengue.

Baca Juga: Prediksi Arsenal vs Newcastle (25/2) Simak Jadwal Liga Inggris Pekan 26

Faktor Genetik

Beberapa penelitian telah menunjukkan adanya faktor genetik yang memengaruhi keparahan infeksi virus dengue pada individu tertentu.

Kondisi Imunologis

Sistem kekebalan tubuh yang lemah atau terganggu juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena demam berdarah atau mengalami komplikasi yang lebih parah setelah terinfeksi.

Baca Juga: Prediksi Juventus vs Frosinone (25/2) dan Jadwal Liga Italia Serie A Pekan 26

Faktor Sosial dan Ekonomi

Faktor sosial dan ekonomi seperti kepadatan penduduk, akses terhadap perawatan kesehatan yang memadai, dan kebiasaan hidup yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi penyebaran demam berdarah di suatu daerah.

Meskipun nyamuk merupakan vektor utama penularan virus dengue, faktor-faktor di atas juga memiliki peran dalam penyebaran dan keparahan penyakit ini di populasi manusia. Oleh karena itu, pencegahan demam berdarah tidak hanya melibatkan pengendalian populasi nyamuk, tetapi juga memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi penyebarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×