kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Khasiat Rutin Makan Buah Pepaya Selain Melancarkan Pencernaan, Ini Khasiatnya


Sabtu, 04 November 2023 / 16:00 WIB
9 Khasiat Rutin Makan Buah Pepaya Selain Melancarkan Pencernaan, Ini Khasiatnya
ILUSTRASI. 9 Khasiat Rutin Makan Buah Pepaya Selain Melancarkan Pencernaan, Ini Khasiatnya.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -   Meskipun tergolong murah, buah pepaya ternyata memiliki kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan. 

Selama ini pepaya sering dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Padahal, buah tropis ini segudang manfaat lain yang perlu Anda ketahui.

Mengutip Alodokter, pepaya mengandung beragam nutrisi seperti Vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, Serat, Kalsium, Potasium, Folat, Magnesium, serta beragam antioksidan. 

Baca Juga: 10 Tanda Ginjal Anda Bermasalah Ini Wajib Diketahui, Cek Apa Saja Tandanya

Selain buah, bunga pepaya juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Merangkum situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), berikut ini beragam khasiat pepaya selain melancarkan pencernaan. 

Menurunkan berat badan

Buah pepaya memiliki manfaat uang baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan papaya mengandung enzim bernama papain dan kandungan seratnya tinggi. 

Selain itu, kalori buah pepaya juha tergolong rendah sehingga baik bagi yang sedang diet menurunkan berat badan.

Menurunkan kolesterol dan dibetes

Pepaya merupakan sumber serat, antioksidan serta vitamin C. Kandungan ini baik untuk penderita kolesterol tinggi agar kadar kolesterolnya tetap normal.

Selain itu, pepaya juga baik untuk penderita gula darah tinggi atau diabetes. Meskipun manis, pepaya memiliki kandungan gula rendah dan indeks glikemik yang juga rendah.

Kaya nutrisi phyto dan vitamin, pepaya juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung bagi penderita diabetes dan melindungi hati.

Meningkatkan imun 

Pepaya kaya vitamin C, dan bahkan menyediakan dua kali lipat asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Ini baik untuk sistem kekebalan tubuh sehingga dapat terjaga dengan makan buah ini. 

Rutin mengonsumsi pepaya bisa menjaga tubuh dari infeksi penyakit.

Menjaga tulang dan sendi

Kandungan vitamin K dalam pepaya membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi. Kurangnya asupan vitamin K dapat dengan mudah menyebabkan patah tulang pada tubuh.

Vitamin K penting untuk membantu penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium, sehingga dapat membuat tulang lebih kuat.

Baca Juga: 11 Tanda Liver Anda Bermasalah yang Tidak Boleh Diacuhkan, Coba Cek Sekarang!

Mengurangi stres

Pepaya dapat membantu mengurangi stres. Kandungan vitamin C yang tinggi terbukti berkhasiat menjaga produksi hormon stres agar tetap rendah.

Menjaga kesehatan mata

Mengandung cyptoxanthin, zeaxanthin dan lutein serta vitamin A yang tinggi, pepaya mencegah degenerasi makula akibat penuaan dan melindungi mata dari kemungkinan kerusakan.

Mengurangi nyeri haid

Pepaya dapat membantu meredakan nyeri saat datang bulan atau haid. Enzim dalam pepaya, yang disebut papain membantu mengatur dan melancarkan aliran darah saat menstruasi.

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan ini ketika menstruasi, buah pepaya bisa menjadi alternatif meredakan rasa nyeri tersebut.

Mencegah kanker 

Berdasarkan studi dari Harvard School of Public Health, beta karoten dalam pepaya efektif dalam menekan pertumbuhan kanker usus serta kanker prostat.

Antioksidan dan flavonoid dalam pepaya dapat mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membantu mengurangi risiko kanker.

Mencegah penuaan

Manfaat buah pepaya selanjutnya adalah menjaga tubuh dari gejala penuaan. Buah ini bermanfaat untuk melawan kerontokan rambut.

Kandungan antioksidan dan flavonoid pada pepaya dapat mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membuat kulit terlihat lebih muda.

Selanjutnya: Ini 5 Rekomendasi Film Bertema Luar Angkasa, Ada Astronot Hingga Alien

Menarik Dibaca: Ini 5 Rekomendasi Film Bertema Luar Angkasa, Ada Astronot Hingga Alien

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×