kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Tanda Liver Anda Bermasalah yang Tidak Boleh Diacuhkan, Coba Cek Sekarang!


Jumat, 03 November 2023 / 15:23 WIB
11 Tanda Liver Anda Bermasalah yang Tidak Boleh Diacuhkan, Coba Cek Sekarang!
ILUSTRASI. 11 Tanda Liver Anda Bermasalah yang Tidak Boleh Diacuhkan, Coba Cek Sekarang!


Penulis: Tiyas Septiana

Tanda Liver Bermasalah -  Liver atau hati adalah salah satu organ dalam yang memiliki fungsi vital untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh. 

Jika organ ini bermasalah, fungsinya akan menurun bahkan hilang dan bisa menyebabkan kesehatan tubuh terganggu. 

Hati, mengutip Kementerian Kesehatan (Kemenkes), adalah organ terbesar kedua setelah kulit dengan berat sekitar 1,25 kg. Organ ini memiliki warna merah tua dan terletak di bawah tulang rusuk bagian kanan atas perut. 

Hati memiliki fungsi yang sangat vital dengan lebih dari 500 fungsi. Artinya, sebagian besar kesehatan tubuh ditopang oleh hati. Seseorang tidak dapat hidup dengan baik tanpa hati yang sehat terlebih tanpa organ ini. 

Menariknya, hati adalah satu-satunya organ dalam yang dapat beregenerasi atau tumbuh kembali meskipun 3/4 bagiannya diambil. Itulah mengapa donor liver tidak perlu memberikan seluruh liver-nya kepada penerima donor. 

Baca Juga: 10 Tanda Ginjal Anda Bermasalah Ini Wajib Diketahui, Cek Apa Saja Tandanya

Gejala liver yang bermasalah

Mengingat fungsinya yang sangat penting, kesehatan liver harus dijaga dengan baik. Salah satu langkah untuk mencegah penyakit pada liver adalah dengan memperhatikan gejala atau tanda liver yang bermasalah. 

Mengutip dari Mayo Clinic, penyakit liver dapat disebabkan oleh keturunan dan beberapa faktor lain seperti virus, obesitas, dan minuman beralkohol. 

Kerusakan pada liver dapat membentuk jaringan parut atau sirosis yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan gagal hati. 

Berikut ini beberapa tanda atau gejala hati Anda sedang bermasalah yang tidak boleh dihiraukan, dirangkum dari Cleveland Clinic dan NHS UK

1. Kulit dan bagian mata terlihat kekuningan atau penyakit kuning

2. Urin berwarna pekat

3. BAB berwarna pucat

4. Perut terasa sakit terutama di bagian atas dan kembung

5. Nafsu makan menurun

6. Terus merasa lelah

7. Kulit gatal

8. Mual dan muntah

9. Kulit mudah lebam

10. Kaki bengkak

11. Gangguan hormon seperti haid tidak teratur bahkan berhenti atau impotensi hingga penurunan gairah seksual

Baca Juga: Gejala Umum Penyakit Jantung dan Daftar Makanan yang Baik Buat Penderita Jantung

Penyebab dan jenis penyakit pada liver

Masalah pada liver bisa muncul akibat beberapa faktor. Faktor tersebut terbagi menjadi beberapa kelompok tergantung dengan jenis penyakitnya. 

Penyebab penyakit pada liver pada umumnya yakni: 

  • Infeksi virus yang dapat menyebabkan penyakit hepatitis kronis, termasuk hepatitis B dan hepatitis C.
  • Konsumsi alkohol dalam jumlah besar dapat menyebabkan hepatitis akut atau kronis. Jika berlangsung cukup lama dapat menyebabkan sirosis dan gagal hati.
  • Penggunaan bahan kimia industri atau obat-obatan
  • Perlemakan pada hati akibat obesitas, gula darah tinggi, dan lipid darah tinggi d
  • Biliary statis atau kondisi bawaan (yang terjadi saat lahir) yang menghalangi atau menghentikan aliran empedu melalui saluran empedu dapat menyebabkan penumpukan empedu
  • Penyakit autoimun
  • Gangguan metabolisme yang diturunkan seperti glycogen storage disease, penyakit Wilson, hemochromatosis, dan penyakit Gaucher
  • Penyakit kardiovaskular yang mempengaruhi aliran darah ke dan dari hati seperti sindrom Budd-Chiari, iskemia, penyakit arteri dan gagal jantung sisi kanan 

Jenis-jenis penyakit liver yang umum diderita, melansir dari Siloam Hospital, diantaranya: 

1. Hepatitis: Penyakit ini diakibatkan oleh peradangan di jaringan hati. Hepatitis bisa terjadi secara tiba-tiba atau bertahap dalam jangka waktu yang lama. Jenis hepatitis yang biasa ditemukan adalah hepatitis A, B, C, D, dan E

2. Perlemakan hati atau fatty liver disease yang merupakan kondisi dimana lemak hati terlalu tinggi hingga menyebabkan peradangan hati.

3. Penyakit liver turunan yang disebabkan oleh kelainan genetik.

4. Sirosis hati yang terjadi akibat terbentuknya jaringan parut kronis. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh konsumsi minumal beralkohol dan infkesi hepatitis jangka panjang.

5. Kanker hati yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal pada jaringan organ hati. 

6. Hepatitis toksik yang disebabkan paparan bahan-bahan kimia beracun seperti penggunaan obat-obatan suplemen makanan, hingga zat kimia lainnya

7. Penyakit liver kolestasis yang disebabkan cairan empedu berkurang atau tersumbat sehingga menyebabkan oenumpukan biliruin yang bisa menimbulkan penyakit kuning. 

8. Penyakit liver akibat alkohol karena alkohol bersifat toksik yang dapat merusak sel-sel hati.

Jika Anda merasakan tanda-tanda liver bermasalah di atas terus-menerus, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×