kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanda-Tanda Batu Ginjal Tahap Awal, Cek Cara Mengobati Batu Ginjal Tanpa Operasi


Selasa, 22 Agustus 2023 / 04:55 WIB
Tanda-Tanda Batu Ginjal Tahap Awal, Cek Cara Mengobati Batu Ginjal Tanpa Operasi


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Cara Mengobati Batu Ginjal Tanpa Operasi - Jakarta. Waspadai tanda-tanda penyakit batu ginjal. Kenali juga cara mengobati batu ginjal tanpa operasi.

Tanda-tanda batu ginjal perlu dikenali sejak dini. Tujuannya agar tidak semakin parah dan lebih cepat disembuhkan.

Untuk tahap awal, cara mengobati batu ginjal bisa dilakukan tanpa operasi. Namun jika sudah parah, cara mengobati batu ginjal harus melalui operasi di rumah sakit.

Diberitakan Kompas.com, batu ginjal dapat seukuran pasir hingga bola golf yang menghambat saluran kencing, sehingga menimbulkan gejala yang menyakitkan. Mengutip National Kidney Foundation, batu ginjal adalah benda keras (kristal) yang terbuat dari bahan kimia dalam urin. Ada empat jenis batu ginjal, yaitu kalsium oksalat, asam urat, struvit, dan sistein.

Jenis batu ginjal itu terbentuk bergantung pada zat limbah yang ada di dalam urin Anda. Untuk diketahui bahwa urin memiliki berbagai limbah terlarut di dalamnya, yang akan disaring oleh ginjal. Ketika terlalu banyak limbah dalam cairan yang terlalu sedikit, kristal mulai terbentuk.

Baca Juga: 9 Gejala Batu Ginjal yang Harus Diwaspadai & Kapan Penderitanya Harus ke Dokter

Kristal menarik elemen lain dan bergabung bersama untuk membentuk batu yang bisa menjadi lebih besar, kecuali itu bisa dikeluarkan dari tubuh bersama urin.

Bahan kimia pembentuk batu adalah kalsium, oksalat, urat, sistin, xantin, dan fosfat. Biasanya, bahan kimia tersebut bisa dihilangkan dalam urin oleh ginjal. Hanya jika, tubuh memiliki cukup cairan untuk membersihkannya.

Tanda-tanda batu ginjal yang umum

Mengutip Cleveland Clinic, berikut tanda-tanda batu ginjal yang umum dirasakan penderitanya:

  • Merasa sakit di punggung bagian bawah atau samping tubuh Anda

Tanda-tanda batu ginjal tahap awal yang pertama adalah sakit di punggu bawah. Nyeri ini bisa dimulai sebagai nyeri tumpul yang bisa datang dan pergi. Itu juga bisa menjadi parah dan membutuhkan penanganan di ruang gawat darurat.

  • Mengalami mual dan/atau muntah

Tanda-tanda batu ginjal tahap awal yang kedua adalah sering mual dan muntah.

  • Kencing berdarah

Tanda-tanda batu ginjal tahap awal yang ketiga adalah kencing berdarah. Hal ini menandakan batu ginjal sudah berada di saluran kencing sehingga menimbulkan luka.

  • Merasa sakit saat buang air kecil

Tanda-tanda batu ginjal tahap awal yang keempat adalah sakit saat buang air kecil. Selain kencing berdarah, batu ginjal di saluran kencing juga bisa menyebabkan nyeri.

  • Tidak bisa buang air kecil

Tanda-tanda batu ginjal tahap awal yang kelima adalah sulit atau tidak bisa buang air kecil. Jika batu ginjal sudah terlalu besar di area saluran kencing menyebabkan air kencing tidak bisa mengalir.

  • Merasa ingin buang air kecil lebih sering

Tanda-tanda batu ginjal tahap awal yang keenam adalah merasa ingin buang air kecil lebih sering. Padahal, penderita kurang minum tapi tetap merasa ingin kencing.

  • Demam atau menggigil

Tanda-tanda batu ginjal tahap awal yang ketujuh adalah demam atau menggigil.

  • Memiliki urin yang berbau tidak sedap atau terlihat keruh

Tanda-tanda batu ginjal tahap awal yang kedelapan adalah urin berbau tidak sedap atau berwarna keruh.

Batu ginjal yang lebih kecil mungkin tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala lainnya. Batu ginjal berukuran kecil dapat keluar melalui urin.

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi

Dikutip dari National Kidney Foundation, batu ginjal mulai terasa sakit ketika menyebabkan iritasi atau penyumbatan di saluran kencing Anda. Kondisi tersebut dapat berkembang dengan cepat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Dalam kebanyakan kasus, batu ginjal keluar tanpa menyebabkan kerusakan organ, tetapi umum menimbulkan rasa sakit. Pereda nyeri mungkin satu-satunya pengobatan batu ginjal yang diperlukan ketika ukurannya kecil.

Perawatan lain mungkin diperlukan, terutama untuk batu ginjal yang menyebabkan gejala yang bertahan lama atau komplikasi lainnya. Dalam kasus batu ginjal yang parah, pembedahan mungkin diperlukan.

Mengutip website Siloam Hospital, berikut cara mengobati batu ginjal tanpa operasi:

1. Obat Diuretik

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi yang pertama adalah minum obat diuretik. Diuretik adalah obat batu ginjal tanpa operasi yang berguna untuk meningkatkan produksi urine dan frekuensi buang air kecil. Obat diuretik yang paling sering digunakan untuk mengobati batu ginjal adalah jenis thiazide.

Thiazide bekerja dengan mengurangi penyerapan garam dan mineral dalam ginjal, dengan begitu produksi urine dalam tubuh akan meningkat. Hal ini akan membuat penderitanya lebih sering berkemih, sehingga batu ginjal yang berukuran kecil bisa keluar bersama urine.

2. Obat Penghambat Alfa

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi yang kedua adalah minum obat penghambat alfa (alpha blockers). Tujuan pemberian obat ini adalah menghancurkan batu yang berukuran besar sekitar 5–10 milimeter agar bisa keluar bersama urine. Cara kerja obat penghambat alfa yaitu melemaskan otot saluran kemih agar batu lebih mudah keluar.

 3. Obat Natrium Bikarbonat

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi yang ketiga adalah minum obat Natrium bikarbonat. Natrium bikarbonat atau natrium sitrat merupakan obat batu ginjal tanpa operasi yang digunakan untuk mengeluarkan asam urat dari ginjal. Pasalnya, tingginya kandungan asam urat dalam ginjal dapat memicu terbentuknya endapan padat. Obat ini juga bermanfaat mencegah perkembangan penyakit batu ginjal agar tidak semakin parah.

 4. Allopurinol

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi yang keempat adalah minum obat Allopurinol. Dokter biasanya menggunakan obat allopurinol sebagai cara mengatasi batu ginjal asam urat. Jenis obat ini bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh sehingga endapan asam urat dalam urine tidak membentuk batu yang berukuran besar.

 5. Air Mineral

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi yang kelima adalah banyak minum air putih. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu cara membantu kerja ginjal lebih lancar sehingga endapan mineral yang menyebabkan batu ginjal tidak terbentuk. Memperbanyak asupan air juga dapat membantu mempercepat proses pengeluaran batu yang tertahan di ginjal melalui ureter.

Pasalnya, air yang masuk ke dalam tubuh akan membantu mempercepat produksi urine. Urine itulah yang nantinya akan mendorong batu ginjal keluar dari tubuh. Pengobatan batu ginjal tanpa operasi dengan cara ini akan efektif jika batu ginjal masih berukuran kecil.

Selain itu, mengonsumsi air secara rutin juga akan mengurangi risiko dehidrasi yang merupakan salah satu faktor risiko terjadinya batu ginjal. Maka dari itu, mulai biasakan minum air setidaknya dua liter setiap hari.

6. Jus Seledri dan Akar Dandelion

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi yang keenam adalah minum jus seledri dan akar dandelion. Jus seledri terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, termasuk sebagai obat alami untuk mengeluarkan batu ginjal.

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran penghancur batu ginjal yang mengandung antioksidan dan memiliki efek diuretik yang dipercaya dapat meningkatkan produksi urine, sehingga juga bisa mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal baru.

Sementara itu, jus akar dandelion dapat mendorong produksi cairan empedu yang membantu tubuh mengeluarkan limbah, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan juga memiliki senyawa yang dapat memberikan efek diuretik untuk meningkatkan produksi urine.

Namun, hindari mengonsumsi minuman ini bersamaan dengan obat antibiotik, pengencer darah, atau diuretik. Atau, konsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

7. Air lemon

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi yang ketujuh adalah minum air lemon. Air lemon rupanya tidak hanya menyegarkan tetapi juga bisa menjadi obat batu ginjal alami.

Pasalnya, senyawa asam sitrat yang terdapat dalam air lemon dapat menghancurkan batu ginjal yang masih berukuran kecil sehingga lebih mudah dikeluarkan melalui urine. Selain itu, rutin mengonsumsi air lemon yang tinggi akan vitamin C juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Pastikan Anda telah mencuci buah lemon dengan bersih sebelum memeras airnya.

8. Jus Buah Delima

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi yang kedelapan adalah minum jus buah delima. Jus buah delima sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu obat alami untuk meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan. Bahkan, minuman satu ini juga bisa membantu membersihkan racun dari dalam tubuh.

Buah delima mengandung senyawa punicalagin yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan antioksidan yang berperan dalam mencegah terjadinya batu ginjal. Mengonsumsi jus delima secara rutin juga dapat menurunkan tingkat keasaman urine sehingga mengurangi risiko munculnya batu ginjal di kemudian hari.

 9. Cuka Apel

Cara mengobati batu ginjal tanpa operasi yang kesembilan adalah minum cuka apel. Cuka apel mengandung asam asetat yang dipercaya efektif memecah dan melarutkan batu ginjal berukuran kecil. Tidak hanya itu, cuka apel juga dapat membantu meringankan rasa nyeri dan peradangan akibat batu ginjal.

Meski begitu, konsumsi cuka apel secara berlebihan justru dapat menyebabkan iritasi tenggorokan dan kerusakan enamel gigi.

Itulah tanda-tanda batu ginjal tahap awal dan cara mengobati batu ginjal tanpa operasi. Segera hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×