kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Manfaat Buah Semangka? Catat 7 Hal Ini


Kamis, 29 Februari 2024 / 09:08 WIB
Apa Manfaat Buah Semangka? Catat 7 Hal Ini
ILUSTRASI. Semangka


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh yang bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, manfaat buah semangka juga telah teruji khasiatnya.

Buah semangka juga termasuk salah satu jenis buah yang memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.

Melansir dari Healthline, buah semangka merupakan sumber antioksidan dan nutrisi yang baik. Selain mendukung hidrasi, ini juga dapat meningkatkan banyak aspek kesehatan, termasuk kesehatan jantung, dan mencegah kondisi kesehatan tertentu.

Baca Juga: 8 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Diketahui, Yuk Catat!

Berikut beberapa manfaat buah semangka yang menarik diketahui:

Kaya akan antioksidan

Semangka mengandung antioksidan seperti vitamin C dan likopen. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga: Apa Manfaat Kulit Manggis? Catat 6 Hal Ini

Menyehatkan jantung

Likopen dalam semangka telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Komponen lain seperti L-citrulline juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan air dan vitamin C dalam semangka dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Vitamin C juga membantu produksi kolagen, yang penting untuk elastisitas kulit.

Menyediakan elektrolit

Selain air, semangka juga mengandung elektrolit seperti kalium, magnesium, dan kalsium. Elektrolit ini penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan fungsi otot yang sehat.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Bisa Dilakukan dari Sekarang

Menyediakan nutrisi penting

Semangka juga mengandung beberapa nutrisi penting lainnya, termasuk vitamin A, B6, dan thiamin, serta mineral seperti besi dan seng, yang semuanya penting untuk berbagai fungsi tubuh.

Menurunkan risiko peradangan

Komponen-komponen dalam semangka telah dikaitkan dengan penurunan peradangan dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Anak

Menyokong sistem pencernaan

Serat yang terkandung dalam semangka dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Memperhatikan pola makan yang seimbang dengan memasukkan buah-buahan seperti semangka dapat membantu mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, semangka sebaiknya dikonsumsi dengan porsi yang sesuai untuk mencegah konsumsi gula berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×