kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Bisa Dilakukan dari Sekarang


Rabu, 28 Februari 2024 / 11:48 WIB
7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Bisa Dilakukan dari Sekarang
ILUSTRASI. Buah untuk diabetes


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak cara mencegah penyakit diabetes yang bisa dilakukan dengan mudah. Hal tersebut perlu dilakukan karena diabetes adalah salah satu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

Penanganan diabetes melibatkan pendekatan holistik yang mencakup perubahan gaya hidup, pengelolaan diet, pengendalian berat badan, dan dalam beberapa kasus, penggunaan obat-obatan atau insulin. 

Melansir dari Healthline, perkembangan dari pradiabetes menjadi diabetes bukanlah hal yang tidak bisa dihindari. Meskipun Anda tidak dapat mengubah faktor-faktor tertentu seperti gen atau usia, beberapa perubahan gaya hidup dan pola makan dapat mengurangi risiko Anda.

Baca Juga: Waspada 6 Gejala Penyakit Tipes yang Sering Dialami

Berikut adalah beberapa langkah yang umumnya direkomendasikan untuk mengelola diabetes:

Pola Makan Sehat

Diet seimbang dan sehat penting untuk mengelola diabetes. Makan makanan yang kaya serat, rendah lemak jenuh, dan rendah gula adalah kunci. Hindari makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan gula darah secara drastis. Perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein rendah lemak.

Baca Juga: Catat Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Olahraga Teratur

Aktivitas fisik membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Lakukan olahraga aerobik seperti berjalan cepat, bersepeda, atau berenang, serta latihan kekuatan untuk membantu mengontrol kadar gula darah dan berat badan.

Pantau Gula Darah

Penting untuk memantau kadar gula darah secara teratur. Hal ini membantu Anda memahami bagaimana makanan, olahraga, dan obat-obatan memengaruhi gula darah Anda.

Baca Juga: Apa Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan? Simak 6 Hal Ini

Pengelolaan Berat Badan

Menjaga berat badan yang sehat dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan bahkan sebesar 5-10% dapat memberikan manfaat besar.

Obat-obatan

Dokter mungkin meresepkan obat-obatan untuk membantu mengelola diabetes jika perubahan gaya hidup saja tidak cukup. Obat-obatan tersebut dapat termasuk obat diabetes oral atau insulin, tergantung pada kebutuhan individu.

Edukasi dan Dukungan

Penting untuk terus memperoleh pengetahuan tentang diabetes dan mengikuti saran dokter serta tim perawatan kesehatan. Dukungan dari keluarga dan teman-teman juga dapat membantu dalam mengelola diabetes.

Baca Juga: Apa Manfaat Pare Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Penting Diketahui

Pemeriksaan Rutin

Penting untuk menjalani pemeriksaan rutin dan mengikuti rekomendasi dokter mengenai tes kesehatan yang diperlukan untuk memantau komplikasi diabetes seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, dan masalah saraf.

Ingatlah bahwa pengelolaan diabetes adalah perjalanan yang bersifat individual, dan apa yang efektif bagi satu orang mungkin tidak cocok untuk yang lain. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk merencanakan strategi pengelolaan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: Marugame Udon Promo Gratis 1 Udon Pilihan hingga 9 Maret 2024

Menarik Dibaca: Marugame Udon Promo Gratis 1 Udon Pilihan hingga 9 Maret 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×