kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ampuh Turunkan Tensi Tinggi, Ini 10 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan


Jumat, 20 Oktober 2023 / 15:12 WIB
Ampuh Turunkan Tensi Tinggi, Ini 10 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Manfaat Buah Semangka.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Buah Semangka - Semangka adalah buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Ternyata, ada sejumlah manfaat buah semangka untuk kesehatan karena buah ini kaya akan nutrisi.

Manfaat buah semangka untuk kesehatan yang paling dikenal adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Selain itu, manfaat semangka juga bisa menghidrasi tubuh. Semangka memiliki kandungan air beserta mineral dan vitamin yang melimpah. 

Kandungan di dalam semangka, antara lain magnesium, kalium, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, konsumsi yang berlebihan mampu membawa dampak buruk pada kesehatan, seperti diare, hiperkalemia, dan masalah pencernaan.

Lantas, apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan?

Baca Juga: Melumpuhkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi, Sederet Manfaat Anggur Hijau  

Manfaat semangka

Manfaat Buah Semangka

Dirangkum dari laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dan Northwestern Health Sciences University, berikut adalah sejumlah manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh:    

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat semangka yang pertama adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium dan magnesium di dalam semangka dapat menurunkan tekanan darah pada pasien obesitas dengan hipertensi. 

Kalium dapat membuat pembuluh darah rileks dan merangsang aliran darah serta mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskuler. Selain itu, karotenoid pada semangka mampu mencegah pengerasan arteri dan vena serta menurunkan tekanan darah.

2. Mengatasi sembelit

Semangka memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Dengan mengonsumsinya, maka dapat membantu proses pencernaan tetap lancar dan meredakan sembelit yang dialami.

Baca Juga: 7 Makanan yang Aman untuk Infeksi Usus dan Lambung, Mulai dengan Elektrolit

3. Baik untuk kulit dan rambut

Manfaat buah semangka juga baik untuk kulit dan rambut. Pasalnya, kandungan air dalam semangka dapat menjaga tubuh, kulit, maupun rambut agar tetap terhidrasi.

Vitamin C membantu produksi kolagen pada kulit dan rambut. Selain itu, kandungan likopennya mampu dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk mengencangkan kulit dan mencegah keriput pada wajah. 

4. Mencegah batu ginjal

Manfaat buah semangka untuk kesehatan juga bisa membantu mencegah batu ginjal. Kandungan kalium dapat membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal. 

Kalium juga mampu menurangi asam urat dalam darah sehingga mengurangi pembentukan batu ginjal.

Baca Juga: Daftar Buah Penurun Gula Darah Tinggi, Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

5. Meredakan gejala radang sendi dan nyeri otot

Semangka mengandung vitamin C, B6, antioksidan, beta karoten, selenium, dan zinc yang mampu membantu menghilangkan nyeri dan kaku pada otot. Citrulline pada semangka juga dapat mengatasi nyeri pada otot.

6. Mencegah penyakit kronis

Manfaat semangka juga bisa mencegah penyakit kronis. Likopen dan vitamin C di dalamnya dapat mengurangi peradangan sehingga mampu menurunkan risiko penyakit kronis.

7. Membantu diet 

Manfaat buah semangka juga bisa untuk diet dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Memilih semangka sebagai camilan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. 

Studi terbatas dalam jurnal Nutrients pada 2019 menemukan bahwa subjek obesitas secara klinis akan merasa kenyang lebih lama saat mengonsumsi semangka dibandingkan dengan mengonsumsi kue rendah lemak. 

Mengonsumsi semangka setiap hari juga dikaitkan dengan penurunan berat badan, indeks masa tubuh, tekanan darah, dan lingkar pinggang subjek.

Baca Juga: Ini Buah yang Mengandung Banyak Air untuk Cegah Dehidrasi saat Cuaca Panas

8. Mengurangi risiko terkena kanker 

Manfaat semangka juga bisa bekerja untuk mengurangi risiko kanker. Lycopene yang ditemukan dalam semangka dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif. 

Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu, termasuk kanker. Studi menunjukkan bahwa likopen berpotensi mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan sel kanker, sehingga mengurangi risiko penyakit tersebut. 

Studi telah menyoroti bahwa meningkatkan asupan likopen dapat mengurangi risiko kanker saluran pencernaan dan kanker prostat.

9. Mengurangi risiko peradangan 

Manfaat buah semangka dapat membantu mengurangi peradangan. Kombinasi antioksidan, likopen, dan vitamin C yang ditemukan dalam semangka dapat menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif seiring berjalannya waktu. 

Peradangan dapat menyebabkan pembengkakan, nyeri, atau kulit memerah bagi yang mengalaminya. Peradangan kronis dapat menyebabkan risiko serius termasuk kanker, asma, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Ini lo Penyakit yang Muncul saat Cuaca Panas Berlebih & Cara Mengantisipasinya

10. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Manfaat buah semangka untuk kesehatan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Citrulline yang terkandung di dalam semangka juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. 

Pasalnya, citrulline memiliki efek melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan di dalam pembuluh darah turun.

Tidak hanya itu, semangka juga mengandung likopen yang bersifat antioksidan. 

Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan penumpukan plak di pembuluh darah dan membuat pembuluh darah mengeras.

Demikian informasi mengenai manfaat buah semangka untuk kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×