kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Manfaat Kulit Manggis? Catat 6 Hal Ini


Rabu, 28 Februari 2024 / 14:05 WIB
Apa Manfaat Kulit Manggis? Catat 6 Hal Ini
ILUSTRASI. Manggis


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kulit Manggis - Terdapat banyak manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh yang kerap luput dari perhatian. Padahal selain buahnya, kulit manggis juga menyimpan segudang manfaat yang mumpuni.

Buah manggis juga dikenal memiliki rasa yang khas dan enak untuk dikonsumsi. Sehingga, buah manggis patut untuk dikonsumsi dan diambil manfaatnya.

Kulit manggis memiliki reputasi dalam pengobatan tradisional di beberapa budaya Asia karena diyakini memiliki beragam manfaat kesehatan. 

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyakit Diabetes yang Bisa Dilakukan dari Sekarang

Melansir dari National Institutes of Health, di antara kulit buahnya, kulit manggis merupakan sumber penting antioksidan fenolik alami. Kulit manggis mengandung berbagai zat bioaktif yaitu asam fenolik dan flavonoid yang memiliki khasiat biologis dan obat, terutama sifat antioksidan.

Berikut adalah beberapa manfaat kulit manggis yang menarik diketahui:

Kaya Antioksidan

Kulit manggis mengandung senyawa yang disebut xanthones, yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Anak

Anti-inflamasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk kondisi inflamasi seperti arthritis dan penyakit inflamasi usus.

Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi dalam kulit manggis, termasuk vitamin C dan beberapa senyawa lain, dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, tubuh lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Suka Durian? Waspada 6 Bahaya Makan Durian Terlalu Banyak Bagi Kesehatan

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis mungkin memiliki efek protektif terhadap penyakit jantung. Ini mungkin karena efek antioksidan dan anti-inflamasi yang dimilikinya, serta kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Waspada 6 Gejala Penyakit Tipes yang Sering Dialami

Melawan Bakteri dan Jamur

Beberapa penelitian in vitro menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis memiliki aktivitas antimikroba terhadap berbagai jenis bakteri dan jamur, yang menunjukkan potensi sebagai agen antimikroba alami.

Meskipun terdapat bukti yang menunjukkan manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh, penting untuk diingat bahwa penelitian pada manusia masih terbatas, dan klaim-klaim ini perlu diverifikasi lebih lanjut melalui penelitian klinis yang lebih besar dan berkualitas tinggi. 

Sebelum mengonsumsi suplemen kulit manggis atau menggunakan produk yang mengandungnya secara terapeutik, konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×