kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suka Durian? Waspada 6 Bahaya Makan Durian Terlalu Banyak Bagi Kesehatan


Rabu, 28 Februari 2024 / 09:16 WIB
Suka Durian? Waspada 6 Bahaya Makan Durian Terlalu Banyak Bagi Kesehatan
ILUSTRASI. Durian


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Jika anda suka mengkonsumi durian, sebaiknya anda harus lebih waspada dan mengetahui bahaya makan duritan terlalu banyak. Pasalnya, mengkonsumsi durian secara berlebihan bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh.

Meski demikian, durian termasuk salah jenis buah yang memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Melansir dari Raffles Health, salah satu efek samping makan durian  terlalu banyak membuat Anda berisiko mengalami gejala tidak nyaman seperti sakit tenggorokan, sariawan, sembelit, atau peningkatan dahak.

Baca Juga: Waspada 6 Gejala Penyakit Tipes yang Sering Dialami

Selain itu, durian merupakan buah tropis yang terkenal dengan aroma kuatnya, memiliki kelebihan nutrisi seperti kaya akan vitamin C, serat, dan kalium. 

Namun, mengonsumsi durian terlalu banyak juga dapat menimbulkan beberapa bahaya bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

Kenaikan Berat Badan

Durian mengandung gula alami yang tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena asupan kalorinya yang tinggi.

Baca Juga: Catat Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Gangguan Pencernaan

Durian mengandung serat tinggi, yang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit.

Tingginya Kadar Gula

Durian memiliki kandungan gula alami yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan, terutama bagi individu yang memiliki masalah dengan toleransi glukosa.

Baca Juga: Apa Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan? Simak 6 Hal Ini

Reaksi Alergi

Beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi terhadap durian, termasuk gejala seperti gatal-gatal, ruam kulit, sesak napas, atau bahkan anafilaksis dalam kasus yang sangat jarang. Konsumsi berlebihan durian dapat meningkatkan risiko reaksi alergi ini.

Efek Negatif pada Kesehatan Jantung

Durian mengandung kolesterol dan lemak jenuh, yang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, terutama pada individu dengan faktor risiko kesehatan jantung lainnya.

Baca Juga: Apa Manfaat Pare Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Penting Diketahui

Gangguan Keseimbangan Elektrolit

Durian mengandung kalium yang tinggi. Konsumsi berlebihan durian dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang dapat menyebabkan masalah jantung dan fungsi otot yang abnormal.

Oleh karena itu, selayaknya dalam mengonsumsi makanan lainnya, konsumsi durian juga sebaiknya dalam jumlah yang moderat agar tidak menimbulkan risiko kesehatan yang tidak diinginkan. Bagi individu dengan kondisi kesehatan tertentu atau alergi terhadap durian, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsinya secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×