kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Anak


Rabu, 28 Februari 2024 / 09:34 WIB
Kenali 8 Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Anak
ILUSTRASI. Vaksinasi.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat imunisasi bagi kesehatan anak bukanlah hal baru. Selain itu, sudah banyak para orang tua yang merasakan manfaat imunisasi bagi sang buah hati.

Namun, tidak sedikit juga masih kurang paham apa tujuan dan manfaat dari imunisasi anak itu sendiri.

Melansir dari laman Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, program imunisasi merupakan langkah untuk mencegah penyakit menular dengan cara memberikan vaksin pada seseorang sehingga tubuhnya resisten terhadap penyakit tertentu.

Baca Juga: Waspada 6 Gejala Penyakit Tipes yang Sering Dialami

Selain itu, tujuan dari imunisasi sendiri tak lain adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai virus dan penyakit.

Berikut beberapa manfaat imunisasi bagi kesehatan, di antaranya:

Mencegah Penyakit Menular

Imunisasi membantu melindungi anak dari berbagai penyakit menular yang dapat menyebabkan komplikasi serius atau bahkan kematian, seperti campak, rubella, polio, tetanus, difteri, hepatitis B, dan lainnya.

Baca Juga: Catat Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Mengurangi Risiko Penularan

Dengan memvaksinasi anak, Anda tidak hanya melindungi kesehatannya sendiri, tetapi juga membantu melindungi orang lain di sekitarnya, termasuk anggota keluarga yang rentan, seperti bayi yang belum divaksinasi atau orang dewasa dengan sistem kekebalan yang lemah.

Mengurangi Angka Kematian

Imunisasi telah terbukti mengurangi angka kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Ini membantu meningkatkan harapan hidup anak-anak dan memperkuat kesehatan populasi secara keseluruhan.

Baca Juga: Apa Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan? Simak 6 Hal Ini

Mengurangi Beban Kesehatan Masyarakat

Dengan mencegah penyakit menular, imunisasi membantu mengurangi jumlah kunjungan ke dokter, rawat inap di rumah sakit, serta biaya perawatan kesehatan yang berkaitan dengan pengobatan penyakit tersebut. Hal ini juga membantu mengurangi beban sistem perawatan kesehatan.

Memberikan Perlindungan Jangka Panjang

Imunisasi tidak hanya memberikan perlindungan saat ini, tetapi juga memberikan perlindungan jangka panjang dengan membangun kekebalan tubuh terhadap penyakit yang dapat bertahan sepanjang hidup.

Baca Juga: Apa Manfaat Pare Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Penting Diketahui

Mengurangi Penyebaran Penyakit

Dengan memvaksinasi anak, Anda membantu mengurangi penyebaran penyakit di masyarakat secara keseluruhan, yang dapat mengurangi risiko wabah atau epidemi yang luas.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan mencegah penyakit-penyakit tertentu, imunisasi dapat membantu meningkatkan kualitas hidup anak dengan memungkinkannya untuk berkembang dan tumbuh tanpa terganggu oleh penyakit yang dapat dicegah.

Baca Juga: Catat Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Mengurangi Kecemasan Orang Tua

Imunisasi memberikan ketenangan pikiran kepada orang tua karena mereka tahu bahwa anak mereka dilindungi dari penyakit-penyakit serius yang dapat dicegah dengan vaksinasi.
Dengan demikian, imunisasi adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan anak, mencegah penyakit, dan mempromosikan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×