kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Apa Saja?


Selasa, 27 Februari 2024 / 15:16 WIB
Catat Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Apa Saja?
ILUSTRASI. kolesterol


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai makanan penurun kolesterol tinggi yang perlu diketahui. Pasalnya, menjaga asupan makanan adalah salah satu cara efektif untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Jika anda mengidap kolesterol tinggi atau tidak terkontrol berpotensi menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh. 

Oleh karena itu penting untum mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol atau makanan sehat. 

Baca Juga: Apa Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan, Ada 8 Hal yang Penting Diketahui

Kolesterol juga berperan penting bagi tubuh manusia. Salah satu peran kolesterol adalah membuat sejumlah hormon penting di dalam tubuh. 

Namun, sebaliknya jika kadar kolesterol tinggi akan meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung. 

Melansir dari Medical News Today, terdapat beberapa makanan sehat yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. 

Oatmeal

Bagi yang sedang menjalankan program diet mungkin tidak asing dengan oatmeal. Makanan sehat ini dipercaya juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. 

Oatmeal juga mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh. Selain itu Anda bisa mencamput makanan penurun kolesterol ini dengan buah-buahan agar lebih enak saat dimakan. 

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Rambut Uban di Usia Muda, Wajib Tahu!

Yogurt

Rekomendasi makanan penurun kolesterol lainnya adalah yogurt. Makanan olahan dari susu ini dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. 

Namun, sebelum mengkonsumsinya pastikan yogurt tidak mengandung pemanis buatan atau tambahan. 

Teh Hijau

Teh hijau juga dipercaya dapat membatun menurunkan kolesterol. Teh hijau mengandung senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat teh hijau lain. 

Baca Juga: Kenali Obat Asam Urat Alami yang Aman Dikonsumsi, Mau Coba?

Kacang Kedelai

Mengkonsumsi kacang kedei secara rutin juga dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, cukup banyak olahan kacang kedelai enak yang dapat dipilih salah duanya tahu atau tempe. 

Apel

Selain alpukat, terdapat buah lain yang merupakan makanan penurun kolesterol yaitu apel. Pasalnya, apel memiliki cukup banyak serat yang baik bagi kesehatan. 

Cokelat Hitam

Cokelat hitam merupakan rekomendasi makanan penurun kolesterol terakhir. Kenapa cokelat hitam? Pasalanya makanan ini mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang baik bagi keseahatan tubuh. 

Meski rekomendasi makanan penurun kolesterol di atas baik untuk kesehatan, tetap jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Agar manfaat dari makanan lebih maksimal disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×