kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali Obat Asam Urat Alami yang Aman Dikonsumsi, Mau Coba?


Senin, 26 Februari 2024 / 12:15 WIB
Kenali Obat Asam Urat Alami yang Aman Dikonsumsi, Mau Coba?
ILUSTRASI. Asam urat di siku


Penulis: Ryan Suherlan

Obat Asam Urat - Ada banyak alternatif obat asam urat alami yang aman dikonsumsi. Selain itu, menjadi gaya hidup juga perlu diperhatikan untuk bisa mengatasi asam urat tinggi.

Melansir dari Healthline, kondisi kesehatan tertentu, pola makan, dan genetika dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat. Menghindari alkohol dan membatasi beberapa makanan dan minuman dapat membantu menurunkan kadarnya.

Asam urat tinggi adalah kondisi di mana kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti pola makan yang tidak sehat, kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik, faktor genetik, dan sebagainya.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Pepaya? Ada 7 Hal yang Menarik Diketahui

Selain itu, mengelola asam urat tinggi bisa melibatkan perubahan gaya hidup, termasuk pola makan yang sehat dan penggunaan obat-obatan. Namun, sebelum mengonsumsi obat-obatan alami atau pun kimia, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan rekomendasi perawatan yang sesuai.

Berikut beberapa obat alami yang sering digunakan untuk mengelola asam urat tinggi adalah:

Air Putih

Minum banyak air putih dapat membantu mengencerkan kadar asam urat dalam tubuh dan mempercepat pembuangan melalui urin.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Maret 2024, Apa Saja?

Cherry

Buah cherry atau jus cherry telah diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan kadar asam urat.

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan dapat membantu meredakan nyeri akibat peradangan pada sendi yang disebabkan oleh asam urat tinggi.

Kurkumin

Bahan aktif dalam kunyit, kurkumin, memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi gejala asam urat.

Baca Juga: Simak Perbedaan Angin Puting Beliung, Tornado dan Siklon, Ini Penjelasan BMKG

Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses pengeluaran asam urat dari tubuh.

Apel Cuka

Minum cuka sari apel yang dicampur dengan air hangat secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan kadar asam urat dalam tubuh.

Omega-3

Asam lemak omega-3 yang banyak terdapat dalam ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna, dapat membantu mengurangi peradangan dan gejala asam urat.

Baca Juga: 6 Penyebab Demam Berdarah Selain Nyamuk, Apa Saja?

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan antiradang yang dapat membantu mengurangi gejala asam urat.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan obat alami harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya setelah berkonsultasi dengan dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan lain atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain. Beberapa bahan alami dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu atau tidak cocok untuk kondisi kesehatan tertentu. Selain itu, mengikuti pola makan seimbang dan gaya hidup yang sehat juga merupakan bagian penting dari pengelolaan asam urat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×