kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Obat Asam Urat Alami, Waspadai Efek Samping Minum Cuka Apel untuk Asam Urat


Jumat, 03 November 2023 / 06:02 WIB
Inilah Obat Asam Urat Alami, Waspadai Efek Samping Minum Cuka Apel untuk Asam Urat
ILUSTRASI. Inilah Obat Asam Urat Alami, Waspadai Efek Samping Minum Cuka Apel untuk Asam Urat


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Obat Asam Urat Alami - Jakarta. Ada banyak obat asam urat di apotek. Selain obat dokter, sejumlah bahan alami juga bisa menjadi obat asam urat, salah satunya cuka apel. Namun Anda harus hati-hati, karena minum cuka apel bisa menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan.

Obat asam urat alami penting untuk dipahami. Obat asam urat alami bisa membantu mengatasi masalah kesehatan yang sering kambuh tersebut.

Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum konsumsi obat asam urat alami tersebut. Apalagi, jika Anda memiliki penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Jika Anda tidak berkonsultasi dengan dokter, dikhawatirkan ada efek samping yang ditimbulkan dari bahan-bahan alami ini.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut obat asam urat alami yang bisa membantu mengatasi masalah kesehatan Anda:

Baca Juga: Simak Kadar Normal Asam Urat dan Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami

Buah beri

Obat asam urat alami yang pertama adalah buah beri. Mengutip dari E Times, buah beri berguna untuk menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh. Blueberi, stroberi, atau jenis buah beri yang lain mengandung banyak antiinflamasi sehingga asam urat bisa berkurang.

Cuka apel

Obat asam urat alami yang kedua adalah cuka apel. Anda perlu mencampur 3 sendok teh cuka apel ke dalam satu gelas air hangat terlebih dahulu. Anda bisa minum campuran itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu hari.

Jeruk nipis

Obat asam urat alami yang ketiga adalah jeruk nipis. Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis mampu melarutkan asam urat dalam tubuh Anda. Artinya, jumlah asam urat bisa berkurang jika Anda mengonsumsi jeruk nipis secara rutin. Cobalah untuk minum satu gelas yang telah dicampur air perasan jeruk nipis setiap hari.

Tak hanya mengandung banyak asam sitrat, jeruk nipis juga memiliki banyak vitamin C yang dapat membantu tubuh mengeluarkan asam urat. Selain jeruk nipis, masih banyak sumber makanan lain yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, buah kiwi, lemon, dan lain-lain.

Teh hijau

Obat asam urat alami yang keempat adalah teh hijau. Tak hanya menurunkan jumlah asam urat, mengonsumsi teh hijau juga mampu menurunkan risiko encok. Untuk mendapat manfaat itu, cobalah untuk minum teh hijau setiap hari.

Minyak zaitun

Obat asam urat alami yang kelima adalah minyak zaitun. E Times merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi minyak zaitun supaya jumlah asam urat berkurang. Jenis minyak itu mengandung banyak antioksidan dan antiinflamasi sehingga kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa terjaga.

Efek samping minum cuka apel untuk asam urat

Cuka apel sudah terkenal sebagai obat asam urat alami. Namun Kompas.com memberitakan, minum cuka apel sebagai obat asam urat bisa menimbulkan efek samping, yakni

  • Memicu kerusakan gigi

Salah satu efek samping cuka apel yaitu menyebabkan kerusakan gigi. Beberapa studi menunjukkan, konsumsi cuka apel rutin dapat mengikis enamel gigi karena larutan cuka bersifat asam.

  • Memperlambat pengosongan lambung

Dampak negatif cuka sari apel selanjutnya adalah memperlambat pengosongan makanan di dalam lambung. Alhasil, penyerapan nutrisi ke aliran darah pun menjadi terhambat. Kondisi ini juga memicu perasaan tak nyaman di perut, seperti mulas, kembung, dan mual.

  • Mengurangi nafsu makan

Perasaan begah dan mual akibat konsumsi asam lambung dapat menurunkan nafsu makan penderita asam urat. Padahal, nafsu makan yang menurun bisa mengakibatkan berat badan turun drastis, kelelahan ekstrem, mudah marah, dan merasa tidak enak badan.

  • Sakit tenggorokan

Asam asetat dalam cuka apel berpotensi menyebabkan sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan karena cuka sari apel juga sering disertai dengan sensasi terbakar.

  • Refluks asam lambung

Mengonsumsi larutan cuka sari apel bisa saja menyebabkan refluks asam lambung yang ditandai dengan karies pada gigi, mual, mulut terasa pahit, kesulitan menelan, dan batuk kering.

Cara menggunakan cuka apel untuk obat asam urat yang aman?

Penderita asam urat dapat mengonsumsi cuka sari apel dengan mengikuti cara berikut:

  • Mengonsumsi cuka apel dari jumlah kecil dan bisa meningkat secara bertahap, hingga maksimal 2 sendok makan (30 ml) per hari
  • Larutkan cuka apel dengan air terlebih dahulu sebelum dikonsumsi agar lebih encer
  • Gunakan sedotan saat minum larutan cuka apel untuk meminimalkan paparan asam asetat pada gigi
  • Segera berkumur setelah minum cuka sari apel
  • Hindari penggunaan cuka apel jika Anda memiliki masalah gastroparesis atau kondisi yang memicu pengosongan lambung terhambat.

Itulah obat asam urat alami. Jika Jika terjadi efek samping minum cuka apel untuk mengobati asam urat, segera hentikan pengobatan itu dan bisa perlu periksa ke dokter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×