kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Mencegah Rambut Uban di Usia Muda, Wajib Tahu!


Selasa, 27 Februari 2024 / 09:31 WIB
5 Cara Mencegah Rambut Uban di Usia Muda, Wajib Tahu!
ILUSTRASI. Rambut uban


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak cara mencegah rambut uban di usia muda yang penting diketahui. Pasalnya, tak sedikit orang yang tidak mengetahui penyebab rambut beruban itu sendiri.

Padahal, gaya hidup dan pola makan mempunyai peran penting untuk mencegah uban dan menjaga kesehatan kulit serta rambut.

Meski demikian aspek genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut uban yang sulit untuk diprediksi. Namun, menurut para ahli menjaga gaya hidup tetap sehat mampu mempertahakan warna rambut menjadi lebih lama.

Baca Juga: Catat Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh, Ada 8 Hal

Melansir dari Eating Well, berikut beberapa cara mencegah rambut uban yang penting diketahui:

1. Hindari Stres

Salah satu penyebab munculnya rambut uban yang kerap luput dari perhatian adalah stres. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menghindari stres dan sesegera mungkin meredakan stres.

Sebuah studi tahun 2020 di International Journal of Trichology menemukan bahwa stres oksidatif bisa memicu kerusakan sel dan jaringan serta mempercepat penuaan. Sehingga, bisa menimbulkan rambut beruban di usia muda.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres. Bisa dengan berolahraga, mendengarkan musik dan hal positif lainnya.

Baca Juga: Kenali Obat Asam Urat Alami yang Aman Dikonsumsi, Mau Coba?

2. Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan teratur tidak kalah penting untuk mencegah rambut uban di usia muda. Pasalnya, makanan sehat kerap mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan dan melindungi sel-sel dalam rambut.

Selain itu, mengkonsumsi makanan sehat juga kaya akan antioksidan yan bisa membantu menetralkan reaksi negatif pada sel-sel yang berperan penting menjaga pigmen di folikel rambut.

3. Mengkonsumsi Vitamin dan Mineral yang Cukup

Kekurangan vitamin dan mineral yang cukup bisa menjadi penyebab munculnya rambut uban di usia muda. Oleh sebab itu, mencukupi asupan vitamin dan mineral perlu dilakukan.

Kandungan vitamin E, vitamin A, seng, zat besi, magnesium adalah beberapa nutrisi yang penting untuk menjadi kesehatan rambut. Vitamin dan mineral tersebut bisa didapatkan dari berbagi jenis buah dan sayuran.

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Berat Badan Susah Turun di Usia 40 Tahun, Sudah Tahu?

4. Lindungi Rambut Secara Eksternal

Selain dampak internal, rambut juga perlu dilindungi secara eksternal supaya tidak cepat muncul uban. Salah satunya, dengan menghindari penggunaan panas dan perawatan kimia secara berulang-ulang karena bisa merusak sel-sel rambut. 

Selain itu, batasi juga penggunaan penata rambut dengan suhu panas yang tinggi serta jangan terlalu sering keramas. Sehingga bisa membuat rambut lebih kuat dan sehat.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Pepaya? Ada 7 Hal yang Menarik Diketahui

5. Rutin Periksa Kesehatan Rambut

Rambut juga merupakan sesuatu yang penting untuk diperiksa kesehatannya. Pasalnya, tidak sedikit orang mengalami rambut beruban di usia muda bahkan kebotakan karena abai terhadap kesehatan rambut.

Oleh sebab itu, penting berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui kesehatan rambut dan cara mencegah rambut uban yang lebih efisien. Selain itu, berkonsultasi dengan dokter juga bisa mencegah hal-hal berbahaya lain yang berkaitan dengan kesehatan kulit dan rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×