kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Penyebab Berat Badan Susah Turun di Usia 40 Tahun, Sudah Tahu?


Senin, 26 Februari 2024 / 09:00 WIB
Kenali 6 Penyebab Berat Badan Susah Turun di Usia 40 Tahun, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Banyak penyebab berat badan susah turun di usia 40 tahun yang penting dan masih jarang diketahui.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak penyebab berat badan susah turun di usia 40 tahun yang penting dan masih jarang diketahui. Selain itu, memasuki usia 40 tahun penting sekali menjadi gaya hidup sehat.

Melansir dari Everyday Health otot, hormon, metabolisme, dan sistem tubuh lainnya terus berubah seiring bertambahnya usia.

Meski demkian, tidak semua orang juga akan mengalami kenaikan berat badan saat memasuki usia 40 tahun.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Pepaya? Ada 7 Hal yang Menarik Diketahui

Namun, ada beberapa penyebab berat badan susah turun saat memasuki usia 40 tahun juga yang perlu di perhatikan, di antaranya:

Perubahan hormon

Pada usia 40 tahun, perempuan mengalami periode perimenopause atau menopause, sementara pada pria, kadar testosteron dapat menurun. Perubahan hormonal ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan memicu penumpukan lemak, terutama di sekitar perut pada pria dan di pinggul serta paha pada wanita.

Penurunan massa otot

Seiring bertambahnya usia, kehilangan massa otot menjadi lebih umum. Massa otot memiliki peran penting dalam membakar kalori, sehingga penurunan massa otot dapat mengurangi tingkat metabolisme basal seseorang, yang membuat sulit untuk mengurangi berat badan.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Maret 2024, Apa Saja?

Penurunan aktivitas fisik

Dengan bertambahnya usia, banyak orang cenderung menjadi kurang aktif secara fisik karena berbagai alasan seperti pekerjaan yang lebih menuntut, kewajiban keluarga, atau masalah kesehatan. Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penurunan pembakaran kalori dan akumulasi lemak tubuh.

Perubahan gaya hidup

Pada usia 40 tahun, banyak orang menghadapi tekanan dari berbagai aspek kehidupan, seperti tanggung jawab keluarga dan pekerjaan. Hal ini bisa membuat sulit untuk menjaga pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.

Baca Juga: Simak Perbedaan Angin Puting Beliung, Tornado dan Siklon, Ini Penjelasan BMKG

Perubahan metabolisme

Meskipun metabolisme umumnya menurun seiring bertambahnya usia, perbedaan individu dalam tingkat metabolisme juga dapat mempengaruhi seberapa cepat seseorang dapat menurunkan berat badan. Beberapa orang mungkin memiliki metabolisme yang lambat bahkan sejak usia muda, sementara yang lainnya mungkin masih memiliki metabolisme yang cepat di usia 40-an.

Faktor genetik

Faktor genetik juga dapat memainkan peran dalam menentukan seberapa mudah atau sulit seseorang menurunkan berat badan. Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki metabolisme yang lambat atau mudah mengalami penumpukan lemak.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk mengadopsi gaya hidup sehat yang melibatkan pola makan seimbang, olahraga teratur, dan manajemen stres. Konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk merencanakan program penurunan berat badan yang sesuai dengan kebutuhan individu, terutama di usia 40 tahun dan seterusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×